oleh

Deklarasi Papua Damai di Raja Ampat

PENANEGERI, Raja Ampat – Pada hari Senin 9 September 2019 pukul 08.05 wit  di Lapangan Upacara Kantor Bupati Raja Ampat, telah dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Olahraga Nasional Tahun 2019 dan Deklarasi Papua Damai.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati  dan Komandan Upacara Yohanis Walam (Pegawai Dispora Raja Ampat), dan diikuti sekitar 1200 orang.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Kabupaten Raja Ampat Manuel Puter Urbinas M.Si, kemudian Kapolres Raja Ampat AKBP Edy Setyanto Erning Wibowo S.IK., Mayor inf Yuli Agus Padang (Kasdim 1805/Raja Ampat), Letda (M) Ilhas Sanjaya (Danposal Raja Ampat), dan Dr Yusuf Salim M.Si (Setda kabupaten Raja Ampat).

Pada pukul 10.01 WIT dilaksanakan Pembacaan Deklarasi Damai, yang berisi butir-butir sebagai berikut :

a. Selalu cinta damai kepada sesama warga suku apapun juga serta agama apapun juga yang sah di Indonesia.
b. Saling menghormati dan menghargai kepada siapa saja yang berbeda di tanah para Raja.
c. Akan selalu bergotong royong terhadap sesama.
d. Menolak adanya pengerahan massa atau demo yang berujung pada perpecahan, pengerusakan, penjarahan, kekerasan dan sara.
e. Mendukung dan mempercayakan pemerintah serta penegak hukum, untuk memproses hukum terhadap pelaku rasis, diskriminasi, pengrusakan, penjarahan dan tindak pidana lain.
f. Tetap setia dan menjaga keutuhan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
g. Selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar wilayah Raja Ampat, Papua Barat serta Indonesia selalu aman, tertib, damai, serta sejahtera.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan komitmen seluruh komponen masyarakat untuk terus menjaga kerukunan dan kedamaian di tanah Papua khususnya di Kabupaten Raja Ampat.

Penandatanganan deklarasi damai diikuti oleh seluruh tokoh masyarakat dan turut diikuti oleh mahasiswa Unimuda yang saat ini melakukan praktek kerja di Kabupaten Raja Ampat.

(Reportase oleh : Wawan, kontributor Pena Negeri di Papua)

Komentar

Berita Terbaru