oleh

Desa Krueng Simpo Bireuen Tersedia Rumoh Gizi Gampong

PENANEGERI, Bireuen – Desa Krueng Simpo, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen atau 20 kilometer arah selatan pusat kota kabupaten berhasil mengembangkan potensi desa, dan resmi memiliki Rumoh Gizi Gampong.

Peresmian Rumoh Gizi Gampong itu dilakukan Wakil Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Aceh, Dr Dyah Erti Idawati MT didampingi Kadis Kesehatan Bireuen, dr Amir Addani M.Kes, Senin (21/10) sore kemarin.

Geuchik Krueng Simpo, Safrizal S.Pd dalam laporannya, Krueng Simpo merupakan salah satu gampong yang terluas di Kecamatan Juli.

Menurutnya, program kesehatan masyarakat ini terbentuk atas peran kalangan ibu PKK, dan Forum Gampong Sehat (FGS) yang selama ini ikut menggagas bersama.

“Dengan dukungan serta peran seluruh perangkat juga masyarakat yang rata-rata petani kebun, rumah gizi gampong ini bisa dikembangkan,” katanya.

Selain itu, di desa ini juga ada gerakan tanaman obat keluarga (Toga) di setiap perkarangan rumah warga, Penanggulangan Penanganan Pencegahan Penyakit Kronis (Pakis) juga ikut dalam upaya pencegahan stunting.

Baca Juga  Tim Gabungan Tembak Mati DPO Sabu di Bener Meriah

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK Aceh, Dr Dyah Erti Idawati MT mengatakan, sejatinya setiap desa harus memiliki program seperti yang dilakukan di Desa Krueng Simpo ini, dan menjadi contoh untuk desa-desa lain.

“Kita ikut berbangga hati, peran perangkat gampong dan masyarakat Krueng Simpo ini sangat luar biasa, berhasil kembangkan potensi desa dan mengembangkan kebutuhan kesehatan bagi warganya,” katanya.

Dalam lawakan itu, Dyah Erti Idawati kemudian mengunjungi stand TP-PKK dan Pangan Lestari. Lalu ikut meninjau stand Pos Yandu Terintegrasi dan PMT/Isi Piringku serta Taman Obat Keluarga (Toga) Ayeum Mata.

Komentar

Berita Terbaru