oleh

Di Bireuen Dana BOP PAUD Belum Disalurkan

PENANEGERI, Bireuen – Sejauh ini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bireuen belum menyalurkan dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) tahun 2019 bagi sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di kabupaten setempat.

Menurut informasi, dana BOP untuk PAUD di Bireuen berjumlah 7 milyar lebih hingga saat ini masih tersendat pembayaran, kendati sejumlah pengelola PAUd di Bireuen  sudah mengajukan permohonan, bersama dengan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS).

Selain terlambatnya penyaluran, belakangan ini proses pengajuan serta sistem yang dilakukan melalui Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Bireuen terlihat bertele-tele, belum lagi di tingkat kadisnya.

“Sejauh ini dana bantuan tersebut belum disalurkan, tapi kalau pengajuannya sudah dilakukan teramsuk syarat lain, sebab saat in banyak seklai syarat yang harus dilampirkan,” sebut sejumlah kepala dan pengelola PAUD di Bireuen kepada Penanegeri.com, Jumat (31/5).

Sejatinya dana BOP PUD itu sudah diterima sebelum bulan Ramadhan, sehingga dapat digunakan untuk operasional penunjang PAUD menjelang masuknya ajaran baru usai lebaran Idul Fitri.

Baca Juga  Harga Beras di Lhokseumawe Menurun

Diakui mereka, untuk memperoleh dana tersebut memang memiliki juknis tersendiri dan sesuai dengan jumlah anak peserta didik, dan digunakan untuk kebutuhan pembelajaran, alat tulis dan alat bermain.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bireuen, Drs Muhammad Nasir MPd melalui Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Non Formal, Muhammad Nasir Spd sebelumnya membenarkan kalau dana BOP untuk PAUD belum disalurkan oleh pihak Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah setempat.

Dikatakan Muhammmad Nasir, kalau permohonan dan data lain dari seluruh PAUD sudah masuk melalui aplikasi, selajutnya diteruskan kepada Bupati Bireuen dan ke Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah setempat.

Disinggung kapan bisa disalurkan, Muhammad Nasir mengaku, itu tergantung dari pihak DPPKD di Pemkan Bireuen.

“Kita berharap dana BOP PAUD tersebut bisa disalurkan sebelum lebaran Idul Fitri, sehingga bisa digunakan sebagai penunjang kegiatan belajar,” katanya.

Komentar

Berita Terbaru