oleh

Di Bireuen Musim Penghujan, Warga Dipingir Sungai dan Berbukitan untuk Waspada

PENANEGERI, Bireuen – Memasuki musim penghujan dengan intensitas tinggi, masyarakat Bireuen diminta untuk tetap hati-hati dan waspada terhadap kemungkinan terjadinya banjir di beberapa kecamatan.

Disamping dugaan rawan banjir, warga di pesisir atau kawasan sungai, perbukitan juga diminta untuk mewaspadai bila terjadi longsor.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bireuen, Sudirman ST kepada wartawan, Rabu (9/10) mengatakan, memasuki musim penghujan ini kita berharap warga masyarakat untuk tetap hati-hati, terutama beberapa kecamatan di Bireuen

“Ada beberapa kecamatan yang berdekatan dengan sungai, tebing, atau perbukitan agar mewaspadai bila hujan deras, karena bisa terjadinya longsor,” katanya.

Dikatakan, ada beberapa kecamatan di Kabupaten Bireuen yang dianggap rawan banjir bila di musim penghujan, selain sebagian Kecamatan Juli, sebagian Jeumpa, Peudada, Jeunieb, Pandrah, dan Kecamatan Simpang Mamplam.

Selain itu, kawasan Kecamatan Peusangan Selatan, Peusangan Siblah Krueng, Makmur serta kecamatan Gandapura.

“Pengalaman tahun lalu, yang dinilai sangat rawan banjir meliputi Kecamatan Makmur, Peudada, serta Kecamatan Jeunieb, terutama bila hujan dengan intensitas tinggi,” terangnya.

Baca Juga  Remaja Putri dan Putra di Bireuen Terjaring Razia Pakaian Ketat dan Celana Pendek

Guna memantau kondisi tersebut, sejauh ini petugas dari BPBD Bireuen terus melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan.

“Begitu juga dengan sarana dan ruas jalan yang kerap terjadi longsor itu sering terjadi di kawasan Jalan Nasional Bireuen-Takengon, dan bagi pelitas juga kita minta untuk hati-hati,” harapnya.

Komentar

Berita Terbaru