oleh

Di Bireuen Pengemis yang Ditertibkan Tahun 2018 Dapat Bantuan Pemberdayaan

PENANEGERI, Bireuen – Para pengemis yang pernah ditertibkan dan didata Tahun 2018 lalu akan mendapatkan bantuan pemberdayaan dari Dinas Sosial Bireuen. Penyaluran bantuan tersebut khusus untuk pengemis yang berdomisili di Bireuen.

Kepala Dinas Sosial Bireuen, Drs Murdani melalui Kepala Seksi Pendamping Sosial, Erry Syahreza SP kepada Penanegeri.com, Selasa (1/10) menjelaskan, mereka yang akan medapat bantuan bagi pengemis yang ditangkap atau ditertibkan setahun lalu, dan hingga saat ini tidak lagi meminta-minta atau mengemis di jalan.

“Seluruhnya sudah didata dan dalam waktu dekat ini akan kita serahkan bantuan pemberdayaan ekonomi. Selanjutnya mereka juga akan terus kita dampingi dalam mengembangkan usahanya,” ujarnya.

Bantuan yang akan kita serahkan nantinya, lanjut Erry, itu sesuai dengan keterampilan atau keahlian mereka masing-masing, sehingga kedepannya mereka dapat membuka usaha mandiri.

“Bila ada pengemis yang membuka kios, membuat kue, dan kerajinan tangan, serta ada juga yang menjahit serta bertani. Maka tetap dampingi, sehingga usahanya lancar dan bisa memenuhi kebutuhan hidup keluarganya,” terangnya.

Baca Juga  Jatuh ke Laut, Seorang Nelayan Idi Rayeuk Meninggal Dunia

Tujuan utama program pemberdayaan yang dilakukan ini, agar seluruh pengemis yang telah terdata ini tidak lagi melakukan pekerjaan atau mengemis di jalan maupuan ke warung-warung.

“Kita berharap kedepannya tidak ada lagi pengemis yang melakukan aktivitasnya di seputaran Kota Bireuen, dengan dilakukannya pemberdayaaan bagi mereka, sehingga mereka terus mandiri ditengah-tengah masyarakat,” pungkas Erry Syahreza.

Komentar

Berita Terbaru