oleh

Di Demak Sandi Berziarah ke Raden Fatah dan Sunan Kalijaga

PENANEGERI, Demak — Sandiaga Salahuddin Uno melanjutkan perjalanannya menyerap aspirasi masyarakat ke Demak Jawa Tengah, Rabu (30/1/2019).

Tiba di Kota Wali, calon wakil presiden nomor urut 02 ini menunaikan sholat Isya di Masjid Agung Demak. Sandi juga menyempatkan diri berziarah ke Makam Raden Fatah, pendiri kerajaan dan Raja Demak Pertama (1500-1518) yang bergelar Sultan Alam Akbar al Fatah.

Ratusan orang sudah menunggu di depan alun-alun untuk berfoto bersama Sandi. Mereka berebut untuk mendapatkan kesempatan berswafoto, bersalaman atau hanya mengecup tangannya.

Dari Mesjid Demak, Sandi langsung meluncur berziarah ke Kadilangu, tenpat bersemayamnya Sunan Kalijaga. U

sai berziarah, eks wakil gubernur DKI ini diterima oleh keturunan salah satu Wali Songo itu.

Sandi juga dihidangkan Caos Dhahar, yakni nasi golong, urap daun mengkudu (pace), trancam berbahan dasar terong dan kacang panjang, sayur bening daun kelor dan bubuk kedelai.

Sedangkan lauknya yakni gereh petek bakar, pecel lele dan ingkung ayam jago.

Masakan khas Kadilangu, Demak, yang melegenda ini konon menjadi kesukaan Sunan Kalijaga semasa hidupnya.

“Ini sebuah kehormatan bisa diterima dengan keluarga Sunan. Makanannya nikmat, penutup malam yang baik. Apalagi dalam setiap jenis lauk yang dihidangkan punya filosofi. Semoga saja ini tanda baik. Ini harus dilestarikan, apalagi ini disebut racikan dari Sunan Kaijaga, makanan sehat membawa berkah,” ucap Sandi. (Red)

Komentar

Berita Terbaru