oleh

Di Jangka Bireuen, Warga Tak Merokok Dapat Bantuan Gas Elpiji

-Aceh-1.530 views

PENANEGERIBireuen – Mewujudkan program inovatif desa, perangkat Desa Jangka Alue, Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen menerapkan pembagian gas elpiji 3 kilogram gratis bagi kepala keluarga serta pemuda yang tidak merokok.

Program bantuan gas elpiji gratis bagi yang tidak merokok tersebut, baik untuk kepala keluarga dan pemuda Desa Alue, Kecamatan Jangka telah dirintis dua tahun belakangan ini mendapat dukungan dari warga setempat.

“Apabila ada yang melahirkan, sementara suaminya itu tidak merokok, maka kita juga membantu perlengkapan balita, serta sejumlah program lainnya melalui program Tu Gaseh Aneuk (ayah sayang anak) bentuk bantuan bermanfaat bagi warga,“ ujar Kepala Desa Jangka Alue, Faisal, Sabtu (2/2).

Dari 200 kepala keluarga (KK) lebih yang selama ini mendiami di desa itu, ada lima keluarga yang sudah mendapat bantuan karena mereka tidak merokok.

Disinggung terkait penilaian dan cara menegtahui seorang ayah atau anak laki-laki dari satu keluarga itu tidak merokok, Faisal menjelaskan selama diberlakukan program ini, kita terapkan warga lain yang  khusus guna memantau kehidupan masyarakat.

“Bahkan ada satu keluarga yang awalnya Ia mendapat bantuan gas elpii, tetapi setelah ketahuan kalau anaknya merokok, sekarang tidak dibantu lagi,” terangnya.

Disamping program itu, program lain yang kita terapkan di Desa Jangka Alue yakni setiap warga yang sudah berusia 60 tahun ke atas, maka Ia mendapat bantuan satu tabung gas setiap bulan.

“Di Desa Jangka Alue juga menerapkan program penyediaan pupuk subsidi untuk warga desa, disamping program merehabilitasi rumah yang tidak layak huni sesuai dengan ketentuan masyarakat melalui Dana Desa (DD),” tandas Faisal.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *