oleh

Di Peusangan Bireuen Masih Banyak Dirumah Tak Layak Huni

PENANEGERI, Bireuen – Disamping sarana jalan yang belum seluruhnya teraspal dengan hotmix, sebagian besar warga di Kecamatan Peusangan, Bireuen masih tinggal di rumah tak layak huni.

Hal itu dikatakan Camat Peusangan, Erry Seprinaldi S.STP, M.SI pada kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Peusangan, di Gedung Karang Taruna kecamatan setempat, Senin (24/2).

“Sementara di Gampong Alue Udeung, Peusangan sendiri  hingga hari ini belum akses Telkom, bahkan sinyal Handpone serta internet di kampung ini belum ada,” jelasnya.

Dikatakan Camat, masyarakat selama ini sangat mengharapkan dukungan pemerintah Kabupaten Bireuen terhadap pembangunan rumah kaum duafa.

Sementara usulan tahun 2021 program prioritas utama bidang sarana dan prasarana, pembangunan jalan hotmix, Paya Aboe-Seuneubok Rawa-Alue Peuno.

Disamping itu lanjutan pembangunan Masjid Besar Peusangan, pembangunan tugu Kota Matangglumpangdua, pembangunan gedung baru Mapolsek Peusangan serta sejumlah pembangunan lainnya.

Tak hanya itu, tambahnya, untuk bidang sosial dan keistimewaan, peningkatan status Puskesmas Peusangan menjadi rumah sakit tipe D, pengadaan tanah perluasan lahan rumah sakit tipe D Peusangan, pembangunan gedung PAUD di beberapa gampong, pemberian beasiswa, honororium pengajar di pesantren.

“Untuk bidang ekonomi dan tenagakerja, program pembangunan jalan usaha tani, relokasi pedangang, pengembangan pasar pusat jajanan sore, bantuan ternak, penyediaan benih padi, pengembangan budidaya ikan air tawar, juga pelatihan ketrampilan pemuda,” timpal Camat.

Ditempat yang sama Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar S.Sos meminta agar pembangunan gedung Kantor Camat Peusangan dapat dibangun melalui APBK Tahun 2020 harus sesuai dengan harapan masyarakat.

“Kalau kita lihat kondisi sekarang, gedung tidak layak lagi dan perlu dibangun dua lantai, mengingat Kecamatan Peusangan memiliki jumlah gampong terbanyak di Bireuen,” ucapnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *