oleh

Dinsos dan Satpol PP Amankan 8 Pengemis di Simpang Empat Bireuen

PENANEGERI, Bireuen – Sedikitnya delapan orang pengemis diamankan petugas Satpol PP dan Dinas Sosial, di seputaran Simpang Empat Bireuen, Sabtu (16/5).

Razia tersebut akibat meraknya pengemis di dalam kota Bireuen akhir-akhir ini.

Kepal Dinas Sosial Bireuen, Mulyadi SE melalui Kabid Rehabilitasi dan Jaminan Sosial, Faisal Kamal S Sos didampingi Kasi Pemberdayaan, Ery Syah Reza kepada Penanegeri.com mengatakan, dalam razia yang dilakukan, pihaknya berhasil mengamankan delapan orang pengemis.

“Dari jumlah itu, lima orang warga asal Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, selebihnya warga Bireuen. Sedangkan tiga orang lagi merupakan warga Simpang Mamplam, dan Samalanga Bireuen,” ujarnya.

Untuk warga Bireuen sendiri, sambung Faisal, kedepan akan diberikan bantuan pemberdayaan ekonomi sehingga tidak lagi ikut mengemis,” katanya.

Diterangkan, kedelapan orang pengemis itu, Halimah (50), Habsah Abdullah (40), dan Abdul Gani (69) warga dari Aceh Utara.

Keduanya ikut membawa surat mencari sedekah untuk pembangunan masjid di gampongnya.

Lalu Mardiah A Manaf (45) dan Mulyadi M Gade (52) dari Lhokseumawe.

Sedangkan dari Bireuen, Muhammad Budiman (49), Abdul Muthaleb (50) dari Simpang Mamplam dan Faisal M Rizal (33) dari Samalanga.

“Kalau kelima warga Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe sudah kita dipulangkan ke daerah asalnya melalui Dinas Sosial,” jelasnya.

Sementara warga Bireuen dibawa pulang ke gampongnya masing-masing, dan diserahkan melalui geuchik, dengan harapan mendapat bantuan pemberdayaan ekonomi tahun depan.

“Kalau tahun lalu, ada sembilan warga Bireuen yang kita amankan tahun 2018 lalu telah diberi bantuan pemberdayaan ekonomi di tahun 2019, mereka¬† mendapat bantuan ternak berupa bebek, ayam, kambing dan becak barang,” tandasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *