oleh

Disdik Bireuen Belum Ajukan Permohonan Pencairan Dana BOP PAUD

PENANEGERI, Bireuen – Menanggapi belum dicairkannya dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tahun 2019 melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Bireuen.

Pihak Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Bireuen mengaku, sejauh ini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat, hingga hari ini belum mengajukan berkas permohonan pencairan BOP PAUD untuk seluruh PAUD di 17 kecamatan.

Belum adanya permohonan tersebut, maka BPKD tidak bisa melakukan pencairan BOP PAUD, disamping belum adanya berkas permohonan yang diajukan serta terjadinya pernambahan data penerima tahun yang lalu dengan tahun ini.

“Belum kita cairkan, bhakan permohonan saja belum ada. Bahkan terjadi penambahan data penerima. Kita sudah meminta berkas perbaikan, tetapi hingga hari ini pihak Disdikpora belum juga mengajukan,” ujar Sektretaris Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Novi Bahri kepada wartawan, Sabtu (1/6).

Diakui Novi Bahri, ketentuannya pihak BPKD hanya sebatas melakukan proses transfer dari Kas Umum Daerah kepada Disdikpora, sementara data penerima dana tersebut ditentukan oleh pihak Disdikpora.

Baca Juga  Anggaran Ratusan Juta, Dua Ruang Belajar di SD Kebun Lama Tanpa Plafon

Dikatakan Novi Bahri, seluruh pelengkapan persyaratan seperti permohonan dari masing-masing PAUD, serta surat kelengkapan dokumen hasil verifikasi dan surat pengajuan pencairan dari Disdikpora.

“Apabila seluruh persyaratannya telah terpenuhi, maka baru kita lakukan SK penetapan. Namun seluruh persyaratan yang dimaksud belum juga diajukan Disdikpora,,” terangnya.

Diterangkannya, total seluruh biaya BOP PAUD 2019 untuk seluruh PAUD di Bireuen sebesar Rp 6,6 miliar. Tetapi karena berkas pengajuan belum diserahkan oleh dinas,  maka  uang tersebut baru ditransfer pihak Pusat ke Kas Umum Daerah Bireuen sebesar Rp 3 miliar.

“Ini kan uang hibah, untuk proses dan aturan pencairannya juga harus mengikuti mekanisme yang ada,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bireuen belum menyalurkan dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) tahun 2019 bagi sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di kabupaten setempat.

Menurut informasi, dana BOP untuk PAUD di Bireuen berjumlah 7 milyar lebih hingga saat ini masih tersendat pembayaran, kendati sejumlah pengelola PAUD di Bireuen sudah mengajukan permohonan, bersama dengan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS).

Komentar

Berita Terbaru