oleh

Dit Polairud dan Bid Dokkes Polda Aceh Selenggarakan Baksos di Pulo Aceh

-Aceh-13 views

PENANEGERI, Aceh Besar – Dit Polairud dan Bid Dokkes Polda Aceh yang bekerja sama dengan sejumlah instansi lain seperti Dinas Kesehatan dan Sosial melakukan kegiatan bakti sosial di Balai Gampong Gugop, Kecamatan Pulo Aceh Aceh Besar, Sabtu (26/1).

Bakti sosial yang dilakukan berupa gotong royong sekaligus memberikan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat serta sunatan massal untuk puluhan anak di kecamatan itu. Pihaknya juga memberikan bantuan sembako untuk warga kurang mampu di wilayah itu.

Kegiatan ini dipimpin langsung Dir Polairud Polda Aceh, Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro didampingi Wadir Polairud, AKBP Harun R serta Kepala Satuan Patroli Daerah (Kasatrolda) Polairud Polda Aceh, AKBP M Yusuf. Hadir sejumlah pejabat utama lainnya beserta perangkat kecamatan dan gampong setempat.

Kombes Pol Jemmy mengatakan, kegiatan ini sebenarnya hendak dilakukan sejak Desember 2018 lalu bertepatan dengan HUT Polairud. Namun, karena selama ini terbentur dengan berbagai kesibukan yang dihadapi akhirnya baksos ini baru dapat dilakukan sekarang.

Baca Juga  Waria yang Terciduk di Banda Aceh Usai Pesta Tak Bisa Dihukum Cambuk
Polda Aceh
(Penanegeri/Hera) : 30 anak yang disunat masal pada saat kegiatan bakti sosial Dit Polrair dan Bid Dokkes Polda Aceh bersama instansi terkait di Pulo Aceh, Aceh Besar, Sabtu (26/1).

“Kegiatan ini kita lakukan setelah ada informasi dari masyarakat bahwa Pulo Aceh butuh bantuan kesehatan, seperti sunatan ini misalnya karena jarak tempuh dan hal lainnya,” ujar Direktur.

Ia menjelaskan, kegiatan baksos ini juga dilakukan dalam rangka memeriahkan HUT Polairud dan nantinya juga ada kegiatan lain yakni MoU antara Polri dan Kementerian Sosial yang dilakukan oleh Kapolri bersama Mensos Republik Indonesia.

“Kemudian ada kegiatan lain kedepan seperti kegiatan Millenial Road Safety Festival terkait keselamatan berlalu lintas, kita ketahui ini diluncurkan karena angka kecelakaan lalu lintas semakin meningkat dan untuk mengurangi angka kecelakaan,” jelasnya.

Jemmy berharap, baksos ini berjalan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat banyak, khususnya masyarakat Pulo Aceh.

“Mudah-mudahan bermanfaat, lebih dan kurang kami mohon maaf. Ini yang bisa kita upayakan semaksimal mungkin bagi masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Camat Pulo Aceh, Yusra mengatakan, kecamatan Pulo Aceh terdiri dari 17 gampong dengan 3 mukim dan terdiri dari 10 kepulauan dengan tiga pulau yang hanya diduduki oleh masyarakat sementara yang lainnya adalah pulau-pulau kecil di sekitar. Selain itu, Pulo Aceh ni juga merupakan pulau terluar di Aceh.

Baca Juga  Dibongkar PT KAI, Pemilik Kios di Keude Geudong Aceh Utara Kecewa

“Hari ini bapak ibu telah membantu masyarakat kami. Dengan kehadiran bapak ibu bersama kegiatan ini telah membantu dan sangat bermanfaat bagi masyarakat kami yang membutuhkan,” ungkapnya.

Jumat (25/1) kemarin, Dit Polairud bersama Bid Dokkes mengawali baksos dengan bergotoroyong di kawasan Gampong Gugatan sekitarnya dan dilanjutkan dengan pemeriksaan sekaligus pengobatan gratis bagi masyarakat setempat hari ini.

Ratusan masyarakat Pulo Aceh yang berasal dari belasan gampong ini datang untuk memeriksakan kesehatan sekaligus mengobati penyakit yang dialami. Setelah mendaftar, masyarakat langsung diperiksa oleh tim dokter yang kemudian diberikan obat.

Lalu, ada 30 orang anak yang disunat massal. Puluhan anak ini menjalani bedah kecil khitan yang dilakukan oleh tim dokter Bid Dokkes Polda Aceh. Pembagian sembako pun dilakukan dengan menyerahkan bantuan sembako melalui para keuchik gampong yang nantinya disalurkan kepada warga kurang mampu di Pulo Aceh.

Salah seorang warga bernama Syamsul mengaku, kegiatan ini sangat bermanfaat. Warga merasa terbantu dengan kedatangan kepolisian Polda Aceh dengan memberikan pengobatan serta sunat massal gratis.

Baca Juga  Bupati Aceh Utara Imbau Warganya Tak Rayakan Valentine Day

“Kami sangat berterima kasih kepada bapak polisi karena sudah membantu dalam hal kesehatan. Apalagi, membantu anak-anak kita disunat, karena kalau ke Banda Aceh agak susah untuk kami. Semoga kebaikan bapak-bapak ini dibalas oleh Allah,” ungkapnya.

Komentar

Berita Terbaru