oleh

Ditutup Pelatihan Water Rescue, Wahdah Islamiyah Kembali Kukuhkan Relawan Tanggap Bencana

PENANEGERI, Makassar – Wahdah Islamiyah kembali menggelar pelatihan tanggap darurat bencana bertempat di Kabupaten Toli-Toli Sulawesi Tengah, Sabtu hingga Ahad (19-20/10/2019).

Pelatihan kali ini dilaksanakan atas kerjasama Pengurus Pusat Wahdah Peduli (WP), Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sedekah (LAZIS) Wahdah, serta Dewan Pimpinan Daerah Wahdah Islamiyah (DPD WI) Toli-Toli.

Bertempat di Aula keuangan Kabupaten Toli-Toli, diantara lembaga yang berpartisipasi memberikan skill tanggap darurat antara lain Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BODB), Palang Merah Indonesia (PMI) dan SAR Kabupaten Toli-toli.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua DPD WI Toli-Toli Jamal Malang, membuka dengan resmi Basic training ini.

Dalam sambutannya dia berpesan, pihaknya sangat bersyukur atas pelaksanaan pelatihan ini, khususnya sebagai cambuk dan peluang dakwah baru melalui misi kemanusiaan.

“Kami berharap semua peserta yg tergabung sebagai relawan WP agar sigap dalam bencana untk membantu sesama,” tutup dia.

Prosesi pembukaan ini kemudian dilanjutkan dengan rangkaian pelatihan yang terdiri dari Manajemen Bencana oleh BPBD Kabupaten Toli-Toli, Mitigasi Bencana dan SOP Tanggap darurat oleh tim WP Pusat, Bantuan Hidup Dasar (BHD) dan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) oleh PMI Kabupaten Toli-Toli, dan ditutup oleh pelatihan Water Rescue oleh SAR Kabupaten Toli-Toli.

Pelatihan dihadiri oleh 21 orang kader Wahdah Islamiyah Toli-Toli, yang kemudian dikukuhkan sebagai relawan rescue WP daerah Toli-Toli yang siap diterjunkan pada tanggap darurat bencana.

(Laporan: Rustam Hafid Tim Media Wahdah Peduli)

Komentar

Berita Terbaru