oleh

DPMPPKB Aceh Utara Minta Aparatur Gampong Segera Siapkan RAB APBG

-Aceh, Ekonomi-32 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMPPKB) Kabupaten Aceh Utara meminta para aparatur gampong yang ada di 852 desa agar segera mengusulkan Rencana Anggaran Biaya (RAB) ke masing-masing kecamatan untuk dievaluasi.

“Hingga saat ini, baru beberapa desa yang telah mengajukan RAB APBG tersebut ke masing-masing kecamatan. Salah satunya adalah Kecamatan Lhoksukon yang sudah ada 7 desa,” kata Kepala DPMPPKB Aceh Utara, Mawardi, saat ditemui Penanegeri.com, Selasa (29/4).

Ia mengatakan, seharusnya saat ini desa-desa sudah mengajukan RAB APBG itu ke masing-masing kecamatan untuk dievaluasi okeh camat. Evaluasi itu tidak lama, karena setelah evaluasi baru dikirim ke kabupaten dan selanjutnya akan diserahkan kepada pihak keuangan kabupaten.

“Kendala di lapangan adalah rata-rata pembuatan RAB APBG itu tidak dilakukan langsung oleh aparatur, sehingga dibuat oleh pihak lain. Seharusnya desa punya skill untuk membuat Rab APBG dan pengisian Siskudes (Sistem keuangan desa),” timpal Mawardi.

Dirinya juga menambahkan, sejauh ini ia juga ikut membantu menyelenggarakan pelatihan bagi aparatur desa di tiap-tiap kecamatan mengenai pembuatan RAB APBG. Tujuannya agar desa-desa mandiri dalam membuat usulan APBG di tahun-tahun mendatang.

Baca Juga  Personel Polres Bireuen Bersihkan Sampah di Pantai Kuala Raja

“DPMPPKB siap turun ke lapangan untuk membantu memberikan pelatihan kepada aparatur Gampong tentang pembuatan APBG. Di Kecamatan Seunuddon sudah selesai. Besok rencana kita gelar di Kecamatan Baktiya. Kita berharap desa-desa ke depan mandiri,” pungkas Mawardi.

Komentar

Berita Terbaru