oleh

Dua Desa di Seunuddon Dilanda Banjir Rob

-Aceh-266 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Dua desa di Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara yaitu Gampong Matang Puntong dan Gampong Lhok Puuek tergenang air laut akibat banjir rob, Sabtu (20/7) pagi.

Air laut menggenangi pekarangan rumah warga dengan ketinggian rata-rata sekitar 20 sentimeter.

Camat Seunuddon, Fatwa Maulana mengatakan, untuk sementara ini belum terindikasi adanya kerusakan rumah warga akibat banjir rob itu. Hanya saja air menggengangi pekarangan rumah dan badan jalan di dua desa tersebut.

“Air laut hanya menggenangi pekarangan rumah warga. Kejadian semacam ini biasanya dalam sebulan sekali pasti terjadi. Untuk sementara informasinya sudah kami sampaikan kepada BPBD Aceh Utara,” tutur Camat Fatwa Maulana kepada Penanegeri.com, Sabtu (20/7).

Ia mengatakan, dua desa tersebut lokasinya berdekatan dengan bibir pantai, sehingga saat terjadi pasang surut, air laut kerap mengalir ke pemukiman penduduk. Untuk mengatasinya diperlukan pemasangan batu penahan ombak laut.

“Kalau dibangun batu penahan ombak sekitar dua kilometer lagi InsyaAllah dapat mengatasi air laut mengalir ke pemukiman penduduk saat terjadi pasang purnama, seperti yang telah dibangun sebelumnya,” tambah Fatwa.

Baca Juga  Mantan Aktivis Mahasiswa Dirikan Lembaga GerTaK

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, Amir Hamzah saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi tentang banjir rob tersebut dari Muspika setempat.

“Langkah-langkah yang kita lakukan adalah melakukan peninjauan ke lapangan dan hasilnya nanti kita sampaikan kepada pimpinan, sehingga bapak bupati nantinya akan memerintahkan dinas terkait dan sektor lainnya untuk menindaklanjuti,” tandasnya.

Komentar

Berita Terbaru