oleh

Dua TPS di Aceh Utara Berpotensi Pemilu Ulang

-Aceh, Politik-59 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Utara merekomendasikan pemilihan ulang untuk dua Tempat Pemungutan Suara (TPS), yakni di Kecamatan Baktiya dan Nisam.

Ketua Panwaslih Aceh Utara, Yusriadi SE melalui Kordiv Penindakan dan Pelanggaran, Safwani SH mengatakan, pelanggaran yang ditemukan di dua TPS tersebut yaitu surat suara telah tercoblos sebelum pemungutan dimulai, kemudian para saksi melakukan pencoblosan lebih dari satu kali.

“Di TPS Gampong Meunasah Cut, Kecamatan Nisam, pencoblosan dilakukan lebih dari satu kali. Untuk ini kita rekomendasikan pemungutan suara ulang atau PSU. Karena memenuhi syarat dan ketentuan hukum,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (20/4).

Kemudian, lanjutnya, pelanggaran juga ditemukan di TPS No 97 Gampong Matang Ulim, Kecamatan Baktiya. Pelanggaran berupa pencoblosan dilakukan lebih dari satu kali yang dilakukan oleh para saksi dari lima partai, mulai dari partai nasional hingga partai lokal.

“Kita sudah turun ke lapangan pada hari H untuk melakukan klarifikasi dan investigasi langsung di tempat. Sejauh ini sudah kita rekomendasikan dilaksanakan pemilu ulang,” jelasnya.

Baca Juga  Diterjang Angin Kencang, Rumah dan Tempat Usaha di Bireuen Rusak

“Intinya begini, kalau bahasa undang-undang itu mencoblos lebih dari satu kali. Artinya, setelah saksi itu coblos punya dia sendiri dan selesai, kan ada surat suara lebih di pengujung acara. Surat suara itu yang dicoblos mereka, surat suara warga yang tidak datang,” pungkas Yusriadi.

Komentar

Berita Terbaru