oleh

Durian Asal Padang Rambah Pasar Bireuen

PENANEGERI, Bireuen – Durian asal Padang, Sumatera Barat mulai merambah dan dipasarkan ke pusat Kota Bireuen, Senin (20/5) sore.

Belakangan, durian Padang yang berukuran sedang dengan kulit berwarna hijau muda itu langsung diminati warga Bireuen menjelang berbuka puasa Ramadhan.

Menurut Saiful Hayadi, pedagang durian warga Geudong-Geudong, Kota Juang, Bireuen kepada Penanegeri.com, Senin (20/5) mengaku, durian asal Padang, Sumatera Barat baru kali ini dipasarkan ke Bireuen, biasanya durian dari Medan.

“Baru pertama kita pasarkan, biasanya durian dari Medan, Sumatera Utara. Durian Padang buahnya juga beda, termasuk isi dan rasanya lebih manis,” katanya.

Saiful menambahkan, untuk ukuran besar dijual Rp 70 ribu perbuah, sedangkan ukuran sedang ada Rp 40 hingga Rp 50 ribu, kecuali ukuran buahnya yang kecil itu Rp 30 ribu perbuah.

“Untuk mengambil ke Padang butuh waktu hingga 3 hari perjalanan, makanya harganya juga kita sesuaikan. Tapi untuk rasanya jauh berbeda dengan durian lain, isi juga tebal,” tandasnya.

Diketahui, saat ini baru Padang yang telah memasuki musim panen durian, sementara daerah lain belum ada, termasuk di Aceh sendiri.

Komentar

Berita Terbaru