oleh

Dusun Tgk Dibalee Blang Cot Baroh Bireuen Juara MTQ Remaja

PENANEGERI, Bireuen – Dusun Tgk Dibalee, Gampong Blang Cot Baroh, Jeumpa, Kabupaten Bireuen meraih juara umum pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-1 tingkat remaja dan anak-anak, Rabu (4/12) malam.

Sementara itu, sejumlah siswa PAUD Humairah, di Desa Balang Cot Baroh ikut memborong juara pada lomba ayat pendek di MTQ tersebut.

Ajang MTQ piala pemuda pertama tersebut ditutup oleh Keuchik Gampong Blang Cot Baroh, Hermasyah Daud dirangkai dengan tausiyah agama oleh Tgk H Abdul Wahed dalam rangka perayaan maulid Nabi Muhammad SAW 1441 Hijiriah.

MTQ tersebut dikuti 176 peserta dari tiga dusun, yakni Dusun Tgk Dibalee, Dusun Balee Labang dan Dusun Blang Timu dengan memperlombakan Tilawah remaja dan anak (putra/putri).

Lalu lomba pidato remaja putar/putri, lomba pidato anak-anak (putra/putri), lomba azan remaja dan anak-anak serta hafalan I’tikad 50 (putra/putri) serta lomba hafalan ayat pendek bagi anak PAUD dan tingkat SD (putra/putri).

Ketua Panitia Pekasana, Athailah didamping Jafaruddin (Yah Cut) kepada Penanegeri.com mengatakan, MTQ ini dicetus pemuda Blang Cot Baroh yang igelar ini guna mendidik generasi remaja dan anak-anak di gampong, agar dapat memahami dan mendalami ayat alquran.

“Selama MTQ ini berlangsung, kami mengundang dewan hakim dan juri dari pasantren luar gampong, sehingga netral. Bagi setiap juara pada lomba yang diikuti, pesertanya tetap diberikan piala dan uang pembinaan, sedangkan yang tidak berhasil juara juga serahkan hadiah bingkisan,” terangnya.

Untuk juara umum tahun ini, diraih Dusun Tgk Dibalee, posisi kedua Dusun Balee Labang dan posisi ketiga Dusun Blang Timu. Sementara ajang MTQ ke- 2 akan dilaksanakan kembali tahun depan.

Sementara itu, Keuchik Blang Cot Baroh, Hermansyah Daud dalam arahannya, ikut menyampaikan apresiasi kepada seluruh pemuda yang ikut berperan dengan menggelar MTQ tahun ini.

Agenda ini, tambah Hermansyah Daud merupakan sebuah program yang sangat bagus, dengan tujuan mendidik generasi penerus, memiliki nilai spritualitas dan berahklak mulia.

“MTQ Ini merupakan bagian pendidikan karakter anak-anak dalam gampong, dan ikut menambah motivasi bagi orang tua,  untuk mendukung pendidikan agama serta mencintai alquran sejak usia dini,” tuturnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *