oleh

e-KTP dalam Karung Ditemukan Terbuang di Duren Sawit Jaktim

PENANEGERI, Jakarta – Polsek Duren Sawit mengamankan sejumlah e-KTP yang tercecer di dekat persawahan. e-KTP yang ditemukan dalam karung itu diamankan di kantor polisi.

Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP itu ditemukan di area pesawahan di Bojong Rangkong, Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Kapolsek Duren Sawit, Kompol Parlindungan Sutasuhut mengatakan, penemuan e-KTP yang tercecer itu bukan blangko melainkan KTP yang sudah ada nama pemiliknya.

“Bukan blangko. Tapi (KTP) yang sudah ada nama jelas pemiliknya. Jatuh tercecer. Kalau blangko kan enggak ada identitas. Kalau ini semua lengkap, nama, alamat, jelas,” kata Parlindungan kepada wartawan, Sabtu (8/12/2018).

Parlindungan menduga, KTP tersebut terjatuh pada saat pemenang tender akan diserahkan kepada Dinas Penduduk dan catatan sipil (Dukcapil).

“(Mungkin) antara pencetak, pemenang tender dengan Disdukcapil. Mungkin jatuh waktu mau diserahkan ke Disdukcapil Kelihatan baru, ada jelas identitas semua,” lanjutnya.

Hingga saat ini pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan atas penemuan tersebut. Adapun ktp tersebut sementara diamankan di kantor polisi.

“Tindakan kepolisian bikin laporan penemuan, disita, lalu diusut. Nanti reserse cari ini sumbernya. Dan koordinasi Disdukcapil DKI, kalau wilayah ini siapa yang berwenang melakukan distribusi? Kenapa sampai tercecer, jumlah ada seperempat karung,” ujarnya, Sabtu (8/12/2018).

e-KTP tersebut ditemukan di daerah Jalan Bojong Rangkong, Pondok Kopi, sekitar pukul 13.30 WIB tadi.

Belum diketahui jumlah pasti e-KTP tersebut. Kepolisian akan berkoordinasi dengan Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta untuk menelusuri sumber e-KTP tersebut.
Awalnya beredar info yang tercecer dan ditemukan ialah blangko e-KTP. Polisi membantah info tersebut.

Sutasuhut mengatakan KTP yang ditemukan masih dalam kondisi baru. Di e-KTP tersebut juga sudah tercatat identitas termasuk alamat pemiliknya.

“Jumlahnya belum dihitung. Tapi ada seperempat karung e-KTP-nya. Nanti kita koordinasi dengan Disdukcapil DKI, kalau wilayah ini siapa yang berwenang melakukan distribusi? Kenapa sampai tercecer?” ucap dia. (*)

Komentar

Berita Terbaru