oleh

Empat Warga Etnis Rohingya di Bireuen Kembali Kabur

PENANEGERI, Bireuen – Empat pengungsi etnis Rohingnya yang selama ini masih ditampung di komplek Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Cot Gapu, Kabupaten Bireuen kembali kabur, Jumat (4/1) malam.

Sebelumnya 21 orang warga Rohingya itu juga ikut kabur dari lokasi penampungan tersebut dan kini hanya menyisakan 54 orang dari 79 orang secara keseluruhan.

Koordinator pengungsi Rohingya di SKB Bireuen, Ruslan Abdul Gani kepada Penanegeri.com, Sabtu (5/1) mengaku, mereka yang kabur kemarin itu masing-masing Soyot Amin (35), Noor Hakim (15), Muhammad Ziaurahman (23) dan Muhammad Sobir (30).

“Diduga mereka ini kabur saat sedang makan malam sekira pukul 20.00 WIB. Sebab paginya saat kami menghitung jumlah warga Rohingya itu masih ada 58 orang,” jelasnya.

Namun usai makan malam bersama, tambah Ruslan, petugas sempat melakukan patroli. Lalu kami curiga dan melihat ke barak, ternyata ada beberapa diantara mereka yang hilang.

Mengetahui hal ini, lalu petugas meminta mereka berkumpul, saat dihitung ternyata empat orang tidak ada lagi dan diperkirakan kabur dari arah belakang SKB Cot Gapu.

Baca Juga  Kondisi 'belum kondusif' bagi pengungsi Rohingya untuk pulang ke Myanmar

Belakangan, sambung Ruslan, petugas sudah memperketat penjagaan dari dalam hingga luar kompleks SKB Bireuen. Kendati demikian pihaknya telah melapor kejadian tersebut ke Dinsos dan Polres Bireuen.

“Namun mereka tetap mencari celah agar bisa kabur. Diduga warga Rohingya ini kabur ada yang sengaja memantau pergerakan petugas di SKB,” sebutnya.

Komentar

Berita Terbaru