oleh

Fadli Zon : Dana Otsus Seharusnya Punya Dampak Positif Bagi Masyarakat Aceh

-Aceh-211 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Aceh Utara sejak Minggu (9/12) kemarin. Selama di Aceh Utara, politisi Gerindra itu berkunjung ke sejumlah makam pahlawan dan memantau perkembangan dana otonomi khusus (Otsus).

Pertama, Fadli Zon melihat kondisi jalan peninggalan Exxon Mobil Oil yang saat ini kondisinya sangat memperihatinkan. Kemudian ia meninjau jalan menuju makam Pahlawan Nasional Cut Meutia yang aksesnya sangat terbatas dan susah dilintasi.

Fadli Zon bersama timnya yang turut dihadiri salah satu anggota DPR RI Firmandez juga melakukan ziarah ke situs Kerajaan Samudera Pasai dan makam Malikussaleh di Kecamatan Samudera, serta berkunjung ke rumah peninggalan Pahlawan Cut Meutia di Desa Masjid Pirak, Kecamatan Matangkuli.

Wakil Ketua Umum Bidang Politik Dalam Negeri dan Pemerintahan ini mengaku perihatin dengan kondisi jalan akses menuju Makam Pahlawan Cut Mutia yang jaraknya sekitar 21 kilometer di hulu sungai Krueng Keureutoe.

Pada malamnya, Fadli Zon bersama timnya yakni, Muslim, Nasir Jamil, Khaidir Abdurrahman, Jimmy Demianus menyempatkan diri berkunjung ke Pendopo Bupati Aceh Utara. Di gedung itu, Fadli Zon berbincang dengan Bupati Muhammad Thaib dan unsur Muspida serta sejumlah SKPK lainnya.

Baca Juga  Aceh Utara dan BRI Kerjasama Bantu BUMG Kecamatan Nisam

Dalam pertemuan itu, ia mengatakan dana Otsus Aceh yang sangat besar seharusnya telah mampu memberikan dampak pembangunan yang optimal bagi masyarakat Aceh. Dirinya mengaku sengaja berkunjung ke Aceh Utara untuk melihat realisasi dana Otsus.

“Dana Otsus itu harus digunakan sesuai dengan ketentuan dan peruntukan yang telah diamanatkan dalam undang-undang, yakni untuk pembangunan infrastruktur daerah seperti jalan dan jembatan, untuk pengembangan ekonomi rakyat yang cakupannya sangat luas, untuk pembangunan pendidikan, pembangunan bidang kesehatan dan sosial kemasyarakatan serta untuk program-program pengentasan kemiskinan,” papar Fadli Zon.

Dalam kesempatan itu, Fadli Zon mengajak para pemegang kebijakan di Aceh untuk duduk bersama membahas kembali pola pendistribusian dana Otsus, khususnya antara pihak Pemerintah Aceh dengan Pemerintah Kabupaten.

“Seyogyanya dana Otsus ini harus banyak terdistribusi ke kabupaten-kabupaten dan kota, sehingga pemanfaatannya menjadi lebih optimal bagi masyarakat,” tambahnya.

Disisi lain, dalam melihat topografi Aceh Utara, Fadli Zon mengapresiasi banyaknya jumlah desa di kabupaten tersebut yang mencapai 852 desa meliputi 27 kecamatan. Menurut dia, jumlah desa tersebut menjadi potensi tersendiri yang sangat mendukung pendanaan pembangunan.

Baca Juga  Besok, Komisi I DPRA Tinjau Aceh Malaka

“Artinya, semakin banyak desa, maka semakin banyak anggaran yang direalisasikan oleh Pemerintah Pusat untuk pembangunan desa di Aceh Utara,” tandas Fadli Zon.

Komentar

Berita Terbaru