oleh

Fadli Zon Kritik Moeldoko yang Minta Dukungan AS Terkait Papua

PENANEGERI, Jakarta – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko berharap Amerika Serikat (AS) mendukung Indonesia terkait Papua.

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menilai harapan Moeldoko tersebut jadi bukti pemerintah tak bisa mengatasi persoalan Papua.

“Itu menunjukkan kita tidak punya kemampuan. Dari diksinya saja itu menunjukkan kita tidak mampu atasi persoalan ini. Dan menurut saya, itu tindakan sangat tidak tepat, seolah kita tidak mampu menangani persoalan yang ada,” kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (3/9/2019), dikutip dari laman detik.com.

Untuk mengatasi persoalan Papua, Fadli menyarankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemui tokoh-tokoh yang ada di sana. Menurut politikus Gerindra itu, Jokowi harus bisa memenangkan hati masyarakat Papua.

“Ini harus dievaluasi, pendekatan yang selama ini jangan terlalu banyak pencitraannya kepada Papua. Masyarakat Papua harus diajak bicara apa yang dibutuhkan oleh mereka, apakah jalan atau fasilitas yang lain, pendidikan, kesehatan, atau yang lain,” papar Fadli.

“Harus bicara dengan tokoh adat di sana, ada tujuh wilayah adat, kemudian lintas agama dari berbagai organisasi harus bicara, duduk dan dengarkan dari hati ke hati, dengar apa yang mereka inginkan,” imbuhnya.

Anggota Fraksi PDIP Andreas Hugo Pareira juga menilai pemerintah bisa mengatasi masalah Papua tanpa bantuan asing. Jika ada bantuan asing, Andreas menyebut itu tak lebih dari hubungan diplomasi.

“Ya menurut saya selama ini kita bisa kok menjaga kedaulatan kita. Tapi hubungan dari negara-negara sahabat untuk memberikan support, untuk menjaga kedaulatan, saya kira itu sah-sah saja. Kalaupun lebih, itu pada hubungan diplomasi,” terang Andreas, dikutip dari laman detik.com.

Diberitakan sebelumnya, Moeldoko mengaku bertemu dengan Asisten Sekretaris Negara untuk Biro Urusan Asia Timur dan Pasifik dari Amerika Serikat (AS), David R Stillwell. Moeldoko menyebut pertemuan itu tak secara spesifik membahas kondisi terbaru pascarusuh di Papua. Tapi dia berharap AS mendukung Indonesia terkait Papua.

“Tidak, tidak secara spesifik membahas hal itu (Papua). Tetapi yang sama-sama kita inginkan adalah kita juga ingin kepada Amerika untuk memberikan support atas kondisi yang terjadi di Papua. Beliau sangat support ya, tentang kedaulatan sangat support,” tutur Moeldoko di kompleks Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (2/9), dikutip dari laman detik.com.

Moeldoko berharap dukungan diberikan dalam bentuk diplomasi ataupun keamanan. Dia berharap kerja sama tersebut dapat berjalan dengan baik.

“Ya maksudnya, dari segala sisi, dari sisi diplomatik, dari sisi menjaga situasi bersama, karena kita sama-sama Amerika juga memiliki kegiatan di sana. Intinya bahwa Amerika memberikan kekuatan penuh,” jelasnya. (*/dtc)

Komentar

Berita Terbaru