oleh

Festival Rapai Internasional di Bireuen, 1 dari 5 Negara Mengundurkan Diri

PENANEGERI, Bireuen – Festival Rapai Internasional serta Perkusi yang akan berlangsung di Kabupaten Bireuen dan direncanakan akan diikuti oleh lima negara, kini hanya menjadi 4 negara setelah Vietenam mengundurkan diri.

Festival tersebut juga akan diikuti sejumlah provinsi diantaranya dari Riau, Makassar, Padang, Sumatera Barat, Surakarta, Solo, Sumatera Utara serta grup rapai Provinsi Aceh dan tuan rumah Bireuen.

Ajang ini juga dihadiri grup gambus Nissa Sabyan, dan dieven ini panitia juga akan menyiapakan panggung urban, workshop pembuatan rapai, kuliner, serta bazar wisata, di stadion Cot Gapu Bireuen  dan  akan diberlangsung 12 hingga 16 September 2019.

Ketua Dewan Kesenian Bireuen (DKB) Bireuen, H Muhklis Amd kepada Penanegeri.com, Senin (30/9) mengatakan, Festival Rapai Interneasioanal serta Perkusi ini, ada lima negara yang dipastikan meramaikan pagelaran itu, tapi satu negera menungdurkan diri.

“Awalnya Vietnam mundur gara-gara kebakaran hutan di Riau yang mengakibatkan kabut asap di negara itu. Tapi kita berharap negara lain tidak ikut mengundurkan diri karena kabut asap tersebut,” katanya.

Baca Juga  Besok, Fun Bike dan Fun Walk HUT ke-20 Bireuen Diikuti 8 Ribu Peserta

Selain beberapa negara tetangga, lima provinsi juga ikut amabil bagian dalam ajang yang baru pertama kali digelar di Bireuen, Aceh.

Sejauh ini, tambah Muhklis tim pelaksana DKA Bireuen, Disdikpora dan tim Banda Aceh, terus mematangkan persiapan tempat dan lokasi guna menyambut kehadiran para tamu yang akan meramaikan fesival rapai.

Agenda Festival Rapai Interneasioanal serta perkusi yang digelar ini dalam rangka memeriahkan HUT ke 20 Kabupaten Bireuen Oktober ini.

“Sedangkan negara yang telah memastikan ikut, bila tidak terkendala adalah Malaysia, China, Singapura, Turki serta sejumlah provinsi lain di Indonesia. Harapan kita, dengan adanya agenda ini akan memberikan dampak positif bagi daerah, terutama adanya putaran ekonomi bagi masyarakat,” sebutnya.

Komentar

Berita Terbaru