oleh

Fitur Baru Live Location di Whatsapp

PENANEGERI, Techno – Baru-baru ini, WhatsApp mengumumkan fitur barunya yakni Live Location yang memungkinkan pengguna untuk berbagi lokasi mereka dengan keluarga dan teman secara real-time.

Pengguna WhatsApp di perangkat Android dan Apple iOS dapat berbagi lokasi mereka dengan memilih opsi “Share Live Location” baru di aplikasi.

Fitur ini dienkripsi untuk privasi dan keamanan, memungkinkan pengguna WhatsApp memutuskan siapa yang ingin mereka ajak berbagi lokasi, dan untuk berapa lama.

Fitur ini hadir bersamaan dengan update aplikasi yang baru dirilis dan sudah bisa dirasakan pengguna di Indonesia.

Untuk bisa merasakan fitur live location, pengguna sebelumnya harus melakukan update aplikasi WhatsApp di perangkatnya terlebih dahulu.

Selanjutnya, fitur live location sudah bisa ditemukan di bagian attachment (lampiran), tempat pengguna biasanya untuk berbagi foto, video, dokumen, berbagi lokasi, dan lain-lain.

Tapi fitur ini tak langsung terlihat, karena WhatsApp menggabungkannya di dalam fitur location. Jadi untuk mengakses live location, pengguna harus membuka dulu fitur location. Nah, di situlah akan ditemukan pilihan baru bernama share live location.

Untuk menggunakannya, tinggal pilih share live location tersebut. Dalam prosesnya pengguna akan ditanyai berapa lama fitur live location bisa diakses oleh lawan bicara, pilihannya 15 menit, satu jam, dan delapan jam.

Ketika live location muncul di layar perbincangan, lawan bicara hanya perlu memilihnya untuk mengetahui posisi pengguna. Pergerakan pengguna akan bisa dipantau oleh lawan bicara sesuai waktu yang ditentukan.

Fitur live location di WhatsApp tak hanya bisa digunakan di perbincangan pribadi. Pengguna juga bisa membagikan live location di grup, tak cuma memantau pergerakan satu anggotanya, tapi bisa beberapa orang sekaligus dalam satu peta.

Dengan begitu, anggota dalam grup bisa saling memantau ke mana pengguna lainnya bergerak.

“Apakah Anda bertemu dengan teman, memberitahukan orang yang Anda cintai tahu bahwa Anda aman, atau berbagi perjalanan Anda, Lokasi Langsung adalah cara yang sederhana dan aman untuk memberi tahu orang-orang di mana Anda berada,” kata perusahaan tersebut dalam posting blog yang mengumumkan fitur baru.

Bagaimana cara kerjanya?

Siapa pun yang mengobrol dengan orang lain atau grup di WhatsApp akan dapat menemukan fitur “Share Live Location” baru di bawah “Lokasi” setelah mengeklik tombol “Lampirkan” (attachment) di aplikasi.

Pengguna dapat memutuskan berapa lama mereka ingin lokasi mereka dibagikan, baik selama 15 menit, 1 jam, atau 8 jam, meskipun Anda juga dapat mematikan berbagi kapan saja. Jika beberapa orang dalam obrolan satu grup berbagi lokasi mereka, maka semuanya akan terlihat di satu peta.

Bagaimana ini dibandingkan dengan aplikasi lain, seperti Facebook dan Snapchat?

WhatsApp mulai menguji live location sharing awal tahun ini, dan aplikasi media sosial lainnya telah meluncurkan fitur serupa di tahun 2017. Aplikasi perpesanan Facebook lainnya, Messenger, memperkenalkan live location sharing pada bulan Maret, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi lokasi dengan teman atau grup mereka.

Google Maps juga memiliki fitur serupa di aplikasi selulernya, seperti WhatsApp, memungkinkan pengguna untuk memilih dari penambahan waktu yang berbeda dan memungkinkan mereka mematikan fitur secara manual.

Dan pada bulan Juni, Snapchat memperkenalkan Snap Map-nya, yang menciptakan avatar “Actionmoji” untuk pengguna yang mengidentifikasi lokasinya di peta digital.

WhatsApp mengumumkan fitur barunya yang memungkinkan pengguna aplikasi pesan untuk berbagi lokasi mereka dengan keluarga dan teman secara real-time.

Anda cukup membuka ruang chat personal atau grup tertentu di WhatsApp. Tekan tombol “attach”, pilih menu “Location” yang disimbolkan dengan peta, lalu pilih opsi “Share Live Location” yang muncul di barisan atas.

Pilih berapa lama Anda ingin membagi lokasi real-time dan tekan “send”. Jika membaginya di grup, tiap anggota bisa melihat lokasi atau melacak lokasi real-time Anda.

Anggota-anggota lain juga bisa membagi lokasi real-time mereka pada saat bersamaan. WhatsApp akan menyodorkan lokasi-lokasi tersebut pada satu antarmuka peta digital. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar