oleh

Gampong Bisa Tanggulangi Sampah Melalui Dana Desa

PENANEGERI, Bireuen – Pemerintahan gampong/desa dapat mengalokasikan bantuan dana desa guna menanggulangi sampah dengan pengadaan bak sampah serta merekrut petugas kebersihan di desa.

Program tersebut nanti dapat disinergikan dengan peran dinas terkait agar lebih maksimal sehingga sampah tidak berserakan dimana-mana.

Hal itu disampaikan Bupati Bireuen, H Saifannur S.Sos didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMGP-KB) Bireuen, Bob Mizwar SSTP M.Si, Sabtu (26/1).

“Belakangan di pinggir jalan elak, kawasan Reuleut, Geudong-Geudong, Kota Juang dan kawaan jalan elak Cot Girek, Peusangan banyak sampah yang dibuang sembarangan dan berserakan,” katanya.

Disisi lain Bob Mizwar mengaku, ada beberapa lokasi lainnya belum adanya bak sampah juga menjadi tempat pembuangan sampah, dan ini bedampak sampah berserakan dimana-mana, akan memenculkan beragam penyakit.

Dijelaskan Bob Mizwar, langkah melibatkan perangkat gampong dalam penanganan sampah itu dengan sasaran utama desa-desa yang berdekatan dengan pusat kota dan kawasan padat penduduk.

“Saat ini pemerintahan gampong bisa mengalokasikan anggaran dana desa untuk pengadaan bak sampah yang memadai, juga bisa dilakukan pengadaan sepeda motor tiga roda jenis viar dan merekrut petugas pengutip sampah di desa,” terangnya.

Baca Juga  SPSI Aceh Desak PT Damar Siput Selesaikan Tunggakan Gaji Karyawan

Selanjutnya, sambung Bob Mizwar, sampah-sampah yang telah dikumpulkan petugas desa bisa ditempatkan dalam bak sampah dan dijemput kendaraan dari dinas terkait untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Dalam hal ini pemerintahan gampong dibenarkan mengalokasikan bantuan desa untuk program kebersihan lingkungan, sehingga lingkungan tetap bersih juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di desa setempat,” sebuntnya.

Disunggung mulai kapan program ini dilakukan, Bob Mizwar mengaku, sejak saat sekarang program ini sudah bisa diusulakan di gampong maupun desa-desa.

“Insya Allah dalam waktu dekat ini ada surat edaran dari Bupati Bireuen menyangkut mekanisme penanganan sampah yang melibatkan pemerintahan gampong, sehingga tidak salah dalam pengajuan nantinya,” imbuhya.

Komentar

Berita Terbaru