oleh

Gampong Matang Jeulikat Siap Bentuk Pengurus Keujruen Muda

-Aceh-111 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Puluhan Warga Gampong Matang Jeulikat, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, antusias menyambut wacana pembentukan pengurus Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) atau Keujruen Muda dalam rapat musyawarah di desa setempat, Jumat (5/7) malam.

Musyawarah ini difasilitasi Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) Daerah Irigasi Jambo Aye, Mukhlis Azmi, ST dan perangkat desa setempat.

“Ini salah-satu poin implementasi Integrated Participatory Development Management of Irrigation Program (IPDMIP) yang sedang dijalankan pemerintah, selain rehabilitasi irigasi,” tutur Mukhlis kepada Penanegeri.com.

Ia mengatakan, program ini mengajak para petani pemakai air untuk berpartisipasi dalam pengelolaan dan pengembangan irigasi secara mandiri di tingkat sistem jaringan irigasi tersier.

“Saya lihat warga antusias menyambutnya. Itu terlihat setelah saya lakukan sosialisasi. Banyak warga yang menanggapi dan ingin tau lebih jauh,” jelas Mukhlis.

Dirinya juga menambahkan, nantinya akan ada musyawarah lanjutan untuk penetapan pengurus Keujruen Muda yang dianggap layak oleh warga setempat, khususnya para petani.

“Jadi, dengan adanya organisasi Keujruen Muda, manajemen kepengurusannya akan terstruktur dan terorganisir dengan baik. Tujuan akhirnya adalah kedaulatan pangan nasional dan kesejahteraan para petani,” terangnya.

Baca Juga  Hanyut di Sungai di Pante Karya Bireuen, Remaja Perempuan Ditemukan Meninggal 

“Di Indonesia, ada 74 kabupaten dalam 16 provinsi yang menjadi target implementasi IPDMIP, sementara di Aceh ada empat kabupaten, yakni Aceh Besar, Bireuen, Aceh Utara dan Aceh Timur,” pungkas Mukhlis.

Komentar

Berita Terbaru