oleh

Gampong Sidorejo Aktifkan Pos Kamling

-Aceh-77 views

PENANEGERI, Langsa – Guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif, Gampong Sidorejo, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa mengaktifkan pos keamanan lingkungan (Kamling), sejak Kami (1/8) lalu.

“Selain untuk menjaga Kamtibmas juga mengantisipasi terjadi tindak kriminalitas dari aksi pencurian rumah dengan kekerasan,” tutur Geuchik Sidorejo, Salahuddin kepada Penanegeri.com, Minggu (4/8).

Dirincikannya, jumlah dusun di gampongnya ada empat yakni Sentral, Setia, Damai dan Mulia, untuk satu grupnya berjumlah 5 orang.

Dengan diaktifkannya pos kamling ini, selain untuk mempersempit ruuang gerak pelaku kriminalittas juga untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat saat beristirahat waktu malam hari.

Beberapa waktu lalu, lanjutnya, juga pernah ada kejadian pencurian kotak amal milik Masjid Quba gampong setempat yang diletakkan disebuah warung milik warga setempat.

“Kita tidak mau kejadian ini terulang lagi, maka dari itu kita terus waspada dan mempersempit ruang gerak pencuri,” harap Geuchik.

Selain itu, untuk mengantisipasi maraknya penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja dan orangtua serta perbuatan mesum yang melanggar hukum syariat Islam di wilayah gampong setempat.

Baca Juga  Danlanud Beri Penghargaan kepada Personel Paengamanan Bandara yang Gagalkan Penyelundupan Narkoba

Dalam kegiatan pos kamling ini pihaknya juga melakukan koordinasi dengan Babinkamtibmas dan Babinsa yang bertugas di wilayah Gampong Sidorejo, sehingga bila ada kejadian yang melanggar hukum tidak menyalahi prosedural.

Dia menambahkan, selain sedang berupaya memperbaiki kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Ternyata faktor keamanan dan kenyamanan juga sangat penting,agar semua ini ada keseimbangan yaitu antara kesejahteraan dan kenyamanan.

Geuchik mengharapkan kepada masyarakat agar dapat bekerjasama dalam kegiatan positif ini dan bila ada menangkap atau mengamankan pelaku kejahatan agar tidak menghakiminya tapi segera melaporkan kepada pihak Babinkamtibmas dan Babinsa.

Komentar

Berita Terbaru