oleh

Gas Elpiji 3Kg Dijual dengan Harga yang Tak Wajar

-Aceh-80 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Warga mengeluh gas elpiji 3 kilogram di Kabupaten Aceh Utara dijual oleh pengecer dengan harga di atas standar Harga Eceran Tertinggi (HET). Selain mahal, gas elpiji ini juga langka. Padahal masyarakat sangat membutuhkan, apalagi sudah memasuki perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Salah satu tokoh masyarakat perbatasan Aceh Utara – Aceh Timur, Masri, SP mengatakan, harga gas elpiji 3 kilogram ini rata-rata dijual oleh pengecer berkisar antara Rp 32 hingga 35 ribu per tabung. Kasus ini menurutnya kerap terjadi di Aceh Utara dan Aceh Timur.

“Yang kita ketahui harga HET gas elpiji 3 kilogram ini Rp 20 ribu per tabung di Pangkalan Elpiji. Tapi dijual oleh pengecer di atas Rp 35 ribu per tabung. Ini bukan persoalan baru. Kasus semacam ini sudah sangat sering terjadi. Yang menjadi pertanyaan, apakah ada tindakan tegas dari pemerintah maupun Pertamina,” ujar Masri, SP dalam sebuah diskusi di Aceh Utara, Senin (19/11).

Hal serupa juga dikeluhkan Rais Azhari, tokoh masyarakat Kecamatan Madat, Kabupaten Aceh Timur. Dirinya menilai dalam hal ini ada unsur dugaan permainan harga dilakukan oleh oknum pengecer.

Baca Juga  Gas Elpiji 3 Kg di Aceh Capai Rp 27 Ribu Per Tabung

“Ini pasti ada indikasi dugaan permainan harga di tingkat pengecer. Saya rasa Pertamina sudah menyalurkan kuota gas dan harganya sesuai kebutuhan yang diusulkan pemerintah. Ini harus ada tindakan tegas terhadap oknum pengecer. Jangan dibiarkan, sayang masyarakat sulit mendapat gas,” tandasnya.

Pihak Pertamina melalui Sales Eksekutif TBBM Pertamina, Zulfirman yang dihubungi Penanegeri.com, Senin (19/11) tidak bersedia memberi keterangan panjang lebar.

“Yang ambil di pangkalan penduduk miskin? Mungkin bisa di call ke 021 1500000 biar langsung pusat yang koreksi,” tutur Zulfirman singkat.

Komentar

Berita Terbaru