oleh

Gelar PABK 2019, IAIN Langsa Gandeng Ketua KPK

PENANEGERI, Langsa – Sebanyak 1.200 Mahasiswa Baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa mengikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemhasiswaan (PBAK) tahun 2019, di Aula Seuramoe Teuhah kampus setempat, Selasa (27/8).

Presiden Mahasiswa IAIN Langsa Muhammad Faisal, mengatakan, PBAK akan dilaksanakan selama tiga hari, selama mengikuti kegiatan para mahasiswa baru akan diberikan berbagai materi yang disampaikan oleh pimpinan Rektorat, Fakultas dan pemateri dari luar.

Pihaknya juga menggandeng ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Raharjo untuk memberikan materi kepada mahasiswa baru.

“Insya Allah pak Agus besok (Rabu) akan menyampaikan materi kepada adik-adik mahasiwa baru,” katanya.

Selain itu, Faisal mengajak kepada mahasiswa baru untuk peka terhadap perkembangan sosial kemasyarakatan yang sedang menimpa rakyat Indonesia.

“Anda jangan hanya datang ke kampus lalu pulang, namun harus banyak berdiskusi lewat organisasi, sehingga anda bisa menyandingkan antara akademis dan aktivis,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr H Basri, MA mengatakan, PBAK merupakan kegiatan akademik perdana yang harus diikuti oleh mahasiswa baru.

Baca Juga  Kadis Kominfo Aceh : Website Gampong Bentuk Keterbukaan Pembangunan di Desa

Rektor menegaskan bahwa kegiatan ini penting untuk diikuti, mengingat PBAK sebagai langkah awal untuk menggeluti dunia pendidikan di IAIN Langsa, para mahasiswa baru akan diperkenalkan tentang perkembangan dan status perguruan tinggi baik tentang STAIN, IAIN dan UIN.

Lanjut Rektor, dunia kampus sangat berbeda dengan dunia pendidikan di bangku SMA, diantaranya sebagai mahasiswa, karakter belajar harus dimulai dari disipilin pribadi, Iklim belajar mengajar yang cukup dinamis, mahasiswa juga harus mengakses informasi, mengembangkan potensi akademik sesuai dengan jurusan.

“Dunia perguruan tinggi membuka ruang yang sangat luas untuk melakukan diskusi, tidak hanya berpatron pada dosen semata, namun banyak referensi-referensi yang harus digali untuk peningkatan potensi akademik,” jelas Rektor.

Rektor berharap semoga pilihan untuk melanjutkan pendidikan di IAIN Langsa mejadi pilihan yang tepat untuk melahirkan sarjana yang handal dan professional yang akan mengantarkan hidup yang lebih baik dimasa yang akan datang.

Mahasiswa baru yang kuliah di IAIN Langsa, sambungnya, merupakan mahasiswa yang beruntung, karena telah lulus mengikuti berbagai tahapan seleksi akademik yang dilaksanakan oleh panitia penerimaan mahasiswa baru.

Baca Juga  Lagi, WH Langsa Tangkap Pelaku Mesum di Bekas Kantor Dinas Pendidikan Aceh Timur

“Saudara telah mengikuti tahapan dengan baik, banyak saudara-saudara kita yang lain yang tidak mampu mengikuti ujian dan akhirnya tidak tertampung di kampus kita,”pungkas Rektor.

Acara pembukaan PBAK itu turut dihadiri oleh pimpinan Rektorat, Fakultas, Jurusan, Staf Ahli Walikota Langsa, perwakilan Polres Langsa, perwakilan Dandim 0104/Atim dan undangan lainnya.

Komentar

Berita Terbaru