oleh

Gelombang dan Angin Kencang, Nelayan Bireuen Tak Melaut

PENANEGERI, Bireuen – Akibat gelombang tinggi dan angin  kencang sejak sepekan terakhir, nelayan Bireuen tak turun melaut, Minggu (18/11).

Sementara, infomasi yang didapat dari pedagang, harga ikan basah di pasar pagi Bireuen sedikit lebih mahal dari biasanya.

Menurut seorang nelayan Jeumpa, Zulkifli kepada Penanegeri.com mengaku, sejak sepekan ini banyak nelayan yang tidak turun melaut karena dipengaruhi angin kencang dan gelombang besar.

“Ya gelombang laut saat ini tinggi dan angin kencang, untuk sementara kami tak bisa turun melaut,” katanya

Untuk sementara waktu, nelayan memanfaatkan waktu memperbaiki jaring dan mesin boatnya sebelum melaut.

Sementara itu, Panglima Laot Bireuen, Badruddin Yunus  (Abu Laot) mengatakan, memang saat ini cuaca sedikit buruk karena angin dan gelombang tinggi.

Tapi, tambah Baruddin Yunus, ada juga sebagian nelayan yang tetap turun melaut, guna memenuhi kebutuhan hidup mereka, terutama boat besar.

Dijelaskanya, bila kondisi angin kencang atau badai maupun hujan lebat yang disertai gelombang tinggi, maka sebaiknya nelayan tidak melaut. Ini guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kendati demikian, saya tetap memantau perkembangan cuaca, sehingga nelayan bisa terpantau. Saya berharap nelayan di Bireuen dan sekitarnya dapat terus  memantau kondisi cuaca di laut,” sebutnya.

Komentar

Berita Terbaru