oleh

Gempa Besar 7,1 Skala Richter di Meksiko, 53 Tewas

PENANEGERI, Desk Internasional – Gempa dashyat  berkekuatan 7,1 skala richter melanda negara Meksiko dan telah menewaskan setidaknya 53 orang di Meksiko tengah.

Bangunan runtuh dan ribuan orang melarikan diri ke jalan-jalan di Meksiko tengah- dan di bagian selatan Meksiko saat pekerja penyelamat mencari korban selamat.

Sedikitnya 27 bangunan runtuh di Mexico City, menurut Presiden Meksiko Pena Nieto.

Guncangan gempa pada hari Selasa (19/9) melanda delapan kilometer tenggara Atencingo di negara bagian Puebla, sekitar 120 km dari ibu kota, Mexico City, demikian US Geological Survey (USGS) mengatakan.

Sedikitnya empat orang tewas di Mexico City, menurut walikota Miguel Angel Mancera.

Gubernur Morelos Graco Ramirez mengatakan bahwa total 42 orang tewas di negaranya termasuk 12 di kota Jojutla dan empat di ibukota negara bagian Cuernavaca, yang merupakan rumah bagi sekitar 350.000 orang.

Alfredo del Mazo, gubernur negara bagian Meksiko, mengatakan kepada jaringan berita Televisa bahwa gempa tersebut telah menewaskan setidaknya lima orang di negaranya, yang berbatasan dengan Mexico City.

Dua lagi kematian dilaporkan terjadi di negara bagian Puebla.

Bandara internasional ibukota Meksiko di Mexico City telah menghentikan operasinya dan sedang memeriksa fasilitas untuk kerusakan apapun.

Awan debu naik dari potongan bangunan yang jatuh di Mexico City, dan rekaman TV lokal dan media sosial konon menunjukkan beberapa bangunan dengan kerusakan parah.

Gubernur Puebla Tony Gali men-tweet bahwa telah terjadi kerusakan bangunan di kota Cholula termasuk robohnya menara gereja.

Survei Geologi A.S. (U.S. Geological Survey ) mengatakan bahwa gempa berkekuatan 7,1 gempa bumi tersebut berada lebih dari 3 mil timur laut timur laut Raboso, di negara bagian Puebla sekitar 75 mil tenggara Meksiko City.

Sedikitnya 42 orang tewas di kawasan Morelos, Meksiko menurut sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Gubernur Graco Ramirez.

Kantor Berita Reuters, mengutip pejabat setempat, melaporkan dua orang meninggal saat sebuah sekolah ambruk di Puebla dan dua lainnya terbunuh di negara bagian Meksiko.

Hampir 4 juta orang di kawasan terdampak gempa di Meksiko tengah kini tanpa listrik, kata Komisi Federal Listrik Meksiko.

Menteri Pendidikan Aurelio Nuño men-tweet “semua sekolah negeri dan swasta di Mexico City dibatalkan sampai pemberitahuan lebih lanjut.” Dia mengatakan sekolah di negara bagian Puebla dan Guerrero juga ditutup sampai pemberitahuan lebih lanjut

Belum jelas berapa jumlah korban meninggal di daerah sekitarnya.

Awal bulan  September 2017 ini,  sebuah gempa berkekuatan 8,1 melanda Meksiko selatan, menewaskan setidaknya 98 orang.

Gempa terburuk dalam sejarah Meksiko pernah terjadi pada 19 September 1985 silam, menewaskan hampir 10.000 orang. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *