oleh

GEUM Sosialisasi Investasi Syariat

-Aceh-145 views

PENANEGERI, Langsa – Yayasan Gerakan Ekonomi Umat (GEUM) Kota Langsa, mensosialisasikan usaha investasi syariat dengan sistem mudharabah (bagi hasil) kepada sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat, Minggu (16/9) di Cafe Ulee Balang Cafe.

Ketua GEUM, H. Muzakkir, MM, menyampaikan, tujuan investasi syariat ini adalah untuk membangun kekuatan ekonomi ummat berbasis syariat yang bebas dari unsur riba dengan sistem mudharabah. Sehingga setiap investasi anggota menjadi modal bersama untuk membangun sebuah usaha dengan keuntungan dibagi rata sesuai persentase jumlah investasi.

“Usaha pertama yang sedang kita lakukan dalam membangun ekonomi umat bersama GEUM ini adalah pembangunan rumah hunian di Gampong Sungai Lueng, Kecamatan Langsa Timur. Untuk usaha ini kita membutuhkan dana awal pembangunan 50 unit rumah sebesar Rp 2 Milyar, sejah ini investasi yang sudah masuk lebih kurang Rp 1.4 Milyar, artinya kita sudah berhasil menggalang investasi sebesatlr 75 persen,” sebut Muzakkir.

Katanya, jumlah investasi dalam usaha GEUM ini bebas dengan nilai terendah Rp1 juta. Siapapun yang ikut dalam investasi ini mendapatkan hak yang sama dalam bagi hasil keuntungan yaitu 40 persen. Bahkan semua anggota juga memiliki hak untuk mengawasi jalannya usaha pembangunan rumah hunian tersebut.

Lanjutnya, terkait managemen usaha bila mengalami kerugian karena kelalaian internal. Maka yayasan GEUM akan bertanggungjawab penuh secara mandiri terhadap seluruh investasi anggota, “Sesuai dengan estimasi yang telah kita lakukan, maka investasi ini kita yakini akan memberikan keuntungan buat kita semua, semoga Allah Swt meridhainya, amin,” ungkapnya.

Sementara itu Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis, yang turut hadir pada kegiatan sosialisasi itu mengingatkan, bahwa investasi tersebut akan berhasil bila dilakukan secara jujur, amanah dan bertanggungjawab. Sehingga tidak ada sikap saling curiga-mencurigai antar sesama investor dan managemen.

Selain itu, untuk mencapai hasil yang maksimal dari investasi ini, maka usaha yang dilakukan harus fokus untuk satu bidang usaha dulu.

“Bila saat ini sudah memulai usaha pembangunan rumah, maka selesaikan ini dulu sesuai target, baru selanjutnya beralih ke usaha lainnya,” pungkas Dandim.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar