oleh

Gubernur Sulteng Longki Djanggola Terima Kunjungan Country Director ADB, Winfried F. Wicklein

PENANEGERI, Palu – Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si, menerima kunjungan Country Direktor ADB  Winfried F. Wicklein bersama Satgas PUPR, Bappenas, dan Kementrian Keuangan RI, terkait dimulainya pelaksanaan rehabilitasi dan rekontruksi dampak bencana Sulawesi Tengah, bertempat di ruang kerja Gubernur, Rabu (14/6/2019).

Dalam kesempatan itu, Gubernur menyampaikan beberapa hal, diantaranya agar koordinasi Kementerian Teknis dan Pemerintah Daerah dapat ditingkatkan, agar pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi dampak bencana dapat berjalan dengan baik, efektif dan efisien.

Gubernur Sulawesi Tengah juga meminta agar pelaksanaan perencanaan yang dilaksanakan jangan asal jadi karena yang memanfaatkan hasilnya nanti masyarakat sulawesi tengah sehingga diharapkan agar dilibatkan OPD teknis Pemerintah Daerah.

Dalam pertemuan itu, Gubernur Sulawesi Tengah kemudian menyampaikan kepada Kementrian keuangan bahwa dalam situasi Darurat seperti sekarang ini birokrasi keuangan sangat susah untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat, seperti Bantuan Stimulan, jadup, belum bisa direalisasikan terkendala birokrasi demikian juga santunan duka belum bisa dibayarkan seluruhnya.

Kemudian Gubernur Sulawesi Tengah menyampaikan bahwa sesuai kewenangan yang ada Pemerintah Daerah akan membantu dan mendukung penuh pelaksanaan kegiatan pelaksanaan rehabilitasi dan rekontruksi dampak bencana Sulawesi Tengah.

Pada Pertemuan tersebut Kepala Satgas PUPR Arie Sutiadi, menyampaikan bahwa kunjungannya bersama Direktur ADB, Bappenas, Kementrian keuangan untuk meminta dukungan Gubernur terkait dengan pelaksanaan kegiatan rehabilitasi dan rekontruksi dampak bencana yang dananya sudah mendapat persetujuan ADB untuk mendanai kegiatan Pembangunan Tanggul Air Pantai Talise, Pembangunan irigasi Gumbasa, Pembangunan grand strategik Air Bersih, Rehabilitasi Kampus IAN, Rehabilitasi Bandara Sis Aljufri Palu dan Pelabuhan Pantoloan dan Wani dengan alokasi Bantuan ADB sebesar 298 Juta USD.

Selanjutnya Country Direktor ADB Winfried F. Wicklein, menyampaikan “Bahwa setelah bencana kami ADB sudah datang pada tanggal 12 Oktober 2018 mendampingi Wapres Yusuf Kalla sudah datang berkunjung ke Palu melihat langsung kondisi Daerah terdampak bencana dan berkomitmen memberikan bantuan dan dukungan untuk pemulihan dampak bencana dan telah memutuskan akan memberikan bantuan sebesar 298 Juta USD untuk membiayai kegiatan yang disampaikan Satgas PUPR dan kami mengharapkan dukungan Gubernur agar pelaksanaan kegiatan yang sudah disepakati dapat berjalan dengan baik dan efektip dan mengharapkan kerjasama ini dapat terus berkelanjutan,” paparnya.

Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si, menyampaikan ucapan terimakasih atas perhatian dan dukungan yang diberikan.

“Semoga seluruh rencana yang sudah kita tetapkan dapat berjalan dengan baik, kata Gubernur, selanjutnya Gubernur menyampaikan  beberapa harapan harapannya agar kegiatan yang dilaksanakan melalui dana bantuan ADB dapat berjalan baik, efektif dan Efesien,” jelasnya. (Rilis/Hum/Red)

Komentar

Berita Terbaru