oleh

Gunung Anak Krakatau Meletus

PENANEGERI, Lampung – Gunung Anak Krakatau di Perairan Selat Sunda antara Banten dan Lampung meletus Jumat malam 10 April 2020. Letusan terjadi terus menerus bahkan hingga saat ini, (11/4).

Berdasarkan informasi dari Pusat Vulkanologi Mitagasi dan Bencana Geologi atau PVMBG, letusan pertama kali terjadi pada pukul 22:35 WIB, letusan pertam kali terekam pada seismogram dengan amplitudo maksimum 40 milimeter.

Namun, berdasarkan pemantau langsung melalui rekaman CCTV milik PVMBG yang terpasang di beberapa titik di kaki Gunung Anak Krakatau, letusan tak henti-henti.

Bahkan hingga menjelang Sabtu dini hari 11 April 2020 api letusan masih terus terlihat menyembur dari kawah di puncak gunung.

Warga Jabodetabek dengar Dentuman Misterius

Warga di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) mendengar suara dentuman misterius dini hari ini (11/4).

Warga di sekitar Jabodetabek pada Sabtu (11/4/2020) dini hari dihebohkan oleh suara dentuman yang terdengar dari kejauhan.

Suara dentuman itu terdengar berkali-kali sejak sekitar pukul 02.00 WIB hingga pukul 03.15 WIB.

Dari pantauan redaksi di kawasan Kabupaten Bogor terdengar hingga suara dentuman yang terdengar berkali-kali dengan jeda sekitar 15 detik hingga 20 detik.

Sementara itu Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMB) menyatakan suara dentuman yang terdengar dini hari ini tidak terkait dengan erupsi Gunung Anak Krakatau. Suara dentuman itu diketahui beberapa kali terdengar dini hari ini

“Bukan (berasal dari Anak Krakatau), karena letusannya dikategorikan miskin akan gas, lebih bersifat aliran,” kata Kepala Bidang Gunung Api PVMBG Hendra Gunawan, Sabtu (11/4/2020).

Menurut Hendra, tidak terdengar bunyi letusan dari Gunung Anak Krakatau sejak semalam. Letusan Gunung Anak Krakatau ini dinilai Hendra relative kecil.

“Saya sudah cek ke Pos Penganatan Gunung Anak Krakatau di dekat Pantai Carita, tidak terdengar bunyi letusan sejak kemarin malam. Karena memang letusannya relatif kecil (tinggi letusan 600-an meter dari muka air laut),” jelas Hendra.

Warga Depok-Jaksel jelas mendengar Suara Dentuman Dini Hari Ini, karena terdengar suara dentuman di sejumlah wilayah, di antaranya Jakarta Selatan, Depok, hingga Kabupaten Bogor. Letusan terdengar beberapa kali sejak sekitar pukul 02.00 WIB.

Suara dentuman terdengar beberapa kali dengan selang waktu. Suara dentuman itu juga mengakibatkan daun pintu yang terkunci bergetar. (*/dtc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *