oleh

Harga Bawang Merah di Aceh Utara Kembali Naik

-Aceh, Ekonomi-79 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Aceh Utara kembali naik sejak sebulan yang lalu. Dari harga sebelumnya yaitu Rp 20 ribu per kilogram kini menjadi Rp 40 ribu.

Menurut pedagang, kenaikan komoditas ini dipicu akibat kekurangan stok yang dipasok pedagang dari Medan, Sumatera Utara. Kenaikan ini membuat pembeli yang ekonominya tidak terjangkau merasa kewalahan.

“Kalau kami tampung dari Medan sana kan Rp 38 ribu per kilogram. Kalau kita jual Rp 40 ribu, jadi ada untungnya sedikit. Bukan harga dari kami, tapi memang barang dari sana (Medan) naik,” ujar Abdurrahman (40) salah seorang pedagang bumbu dapur di Pasar Tradisional Seunuddon, Selasa (26/3).

Di pasar tradisional Kota Pantonlabu, Kecamatan Tanah Jambo Aye harga bawang merah juga mengalami kenaikan. Beberapa barang jenis sembako lainnya, seperti tomat, jerung nipis dan cabai juga mengalami kenaikan.

“Tomat naik dari Rp 10 ribu jadi Rp 12 ribu per kilogram. Kemudian cabai rawit dari Rp 35 naik jadi Rp 50 ribu per kilogram. Begitu juga jeruk nipis dari Rp 10 ribu naik jadi Rp 12 ribu per kilogram. Hampir semua naik saat ini,” ujar Nasrul salah seorang pedagang kebutuhan dapur di Pasar Tradisional Pantonlabu.

Komentar

Berita Terbaru