oleh

Harga Bawang Merah Merangkak Naik di Aceh Utara

-Aceh, Ekonomi-44 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Harga bawang merah di Pantonlabu, Kabupaten Aceh Utara naik sejak sebulan lalu. Dari harga sebelumnya Rp 15 ribu, kini naik menjadi Rp 30 ribu per kilogram. Kenaikan komoditas ini justru disambut baik petani.

“Yang mengalami kenaikan harga saat ini adalah bawang merah tembus Rp 30 ribu. Sebelumnya masih bisa dijual Rp 15 ribu per kg. Sedangkan bawang merah jenis impor juga naik dari Rp 15 ribu jadi Rp 25 ribu. Kalau bawang putih masih bertahan Rp 20 ribu,” tutur tokoh pedagang di Pasar Pantonlabu, Marzuki saat dikonfirmasi Penanegeri.com, Kamis (15/11).

Ia merincikan, rempah-rempah lainnya yang juga mengalami kenaikan beriringan seperti Jahe dari sebelumnya Rp 15 ribu per kg menjadi Rp 25 ribu per kg, begitu juga rempah-rempah jenis kunyit, harganya masih stabil yakni Rp 8 ribu per kg. Untuk harga cabai merah, justru turun dari Rp 45 ribu per kg menjadi Rp 32 ribu.

“Untuk cabai merah karena banyaknya pasokan dari petani sehingga harganya turun dan ini memang sudah sering terjadi. Sementara kenaikan bawang merah membuat petani semangat, namun pasokannya berkurang dalam sepekan,” ucap Marzuki.

Komentar

Berita Terbaru