oleh

Harga Sembako Naik, Pedagang Musiman Ramadhan di Aceh Utara Mengeluh

-Aceh, Ekonomi-24 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Sejumlah pedagang musiman pada bulan suci Ramadhan di Pantonlabu, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara mengeluhkan kenaikan harga kebutuhan pokok atau Sembako sejak sepekan terakhir.

Informasi diperoleh Penanegeri.com menyebutkan, beberapa jenis barang kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan yaitu, bawang merah, bawang putih, gula pasir dan telur ayam, hingga tomat termasuk sirup.

“Bawang merah dan bawang putih hampir Rp 45 ribu sekarang per kilogram. Gula pasir Rp 615 ribu per sak 50 kilogram. Telur ayam mencapai Rp 42 ribu per papan. Begitu juga sirup, misalnya Sirup merk Patung dulunya Rp 19 ribu kini jadi Rp 20 ribu,” sebut Nurhasanah (37), salah seorang pedagang kue musiman di Pantonlabu kepada Penanegeri.com, Kamis (16/5).

Karena mengalami kenaikan harga, mereka para pedagang mengaku sangat kewalahan untuk menyeimbangi modal produksi kue dengan pendapat yang diperoleh. Adapun untung yang diperoleh jauh lebih tipis dibandingkan sebelumnya.

“Sebenarnya bagi saya enggak masalah. Jualan tetap jualan, apalagi sebulan saja jualan untuk puasa. Yang lebih disayangkan untuk masyarakat miskin yang tiap hari harus membeli kebutuhan dapur,” timpalnya.

Baca Juga  Dakwaan JPU Terhadap Wartawan Bireuen di Persidangan Dinilai Cacat Hukum dan Kabur

Sementara itu, Tim Satuan tugas (Satgas) pangan Polres Aceh Utara belum lama ini juga telah melakukan operasi di sejumlah pasar guna mengecek perkembangan harga sembako.

Polisi juga mengakui ada kenaikan harga sembako berdasarkan pantauan di lapangan. Dari rangkuman tim Satgas pangan itu, ditemukan harga komoditas seperti tomat, bawang dan cabai rawit mengalami kenaikan.

Namun Polisi memastikan bahwa ketersediaan stok barang tetap ada meski kenaikan harga terjadi karena tingginya permintaan selama bulan Ramadhan.

Komentar

Berita Terbaru