oleh

Harga TBS Sawit di Aceh Utara Mulai Anjlok

-Aceh, Ekonomi-140 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Aceh Utara mulai anjlok sejak sepekan terakhir. Dalam beberapa hari ini harga TBS dilaporkan masih berkisar antara Rp 800 per kilogram.

“Sudah turun menjadi Rp 800 per kilogram dan ini turun sejak sepekan terakhir. Ini sudah sangat meresahkan. Padahal sebelumnya bisa dibeli Rp 1000 per kilogram. Mungkin ini pengaruh dengan CPO,” kata salah satu pembeli TBS sawit, Zainal kepada Penanegeri.com, Selasa (13/11).

Dia mengestimasikan harga yang sesuai dengan kondisi petani semestinya Rp 1000. Dengan demikian, harga yang dibelinya dari petani bisa direkomendasikan antara Rp 900 per kilogram.

Seorang petani kelapa sawit di Pedalaman Aceh Utara, Asnawi saat dihubungi Penanegeri.com, Selasa (13/11) membenarkan harga jual TBS sawit sekarang ini turun drastis menjadi Rp 800 per kilogram. Harga itu berlaku tingkat agen, sementara saat dijual ke pabrik laku Rp 980 per kilogram.

Dijelaskan Asnawi, turunnya harga sawit tanpa pemberitahuan ini membuat petani dan agen merugi. Menurutnya pernah suatu kali, harga jual sawit ke pabrik cuma selisih Rp 50.

“Ketika hal ini terjadi, kami tidak punya pilihan selain menjualnya dengan harga tersebut,” tuturnya kecewa.

Komentar

Berita Terbaru