oleh

Hasan Basri Terancam Hukuman Seumur Hidup

-Aceh-1.526 views

PENANEGERI, Gayo Lues – Hasan Basri (22) tersangka kepemilikan lahan ganja seluas 6 hektare di pegunungan Aih Kering, Kampung Pasir Putih, Kecamatan Pining, Gayo Lues, terancam hukuman penjara seumur hidup.

Pasalnya, tersangka yang sempat merebut dan menembak tangan KBO Satnarkoba Polres Gayo Lues saat pemusnahan ladang ganja milik tersangka itu, diancam dengan Pasal 114 ayat 2 dan 111 ayat 2 Undang-undang Republik Indonesia nomor 35 tahun 2009 tentang, narkotika.

“Ancaman hukuman tersangka Hasan Basri, minimal 5 tahun dan maksimal seumur hidup,” tandas Kapolres Gayo Lues, AKBP Eka Surahman melalui Kasat Narkoba, Iptu Syamsuir, SE, kepada Penanegeri.com diruangannya, Senin (19/11).

Terlebih, sambungnya, tersangka yang baru 6 bulan keluar dari penjara Tanjung Kusta Medan, dengan kasus yang sama, selain sebagai penjual juga sebagai penanam barang haram tersebut.

Kasat Narkoba yang baru bertugas di Gayo Lues ini juga memaparkan, penangkapan Hasan Basri yang merupakan pemilik lahan ganja seluas 6 hektare ini, berawal dari penangkapan pemilik ganja kering siap edar seberat 360 gram, Wahyudin, dari Kutapanjang.

Selanjutnya, penyidik melakukan pengembangan, dan hasilnya mengarah kepada Hasan Basri. Kemudian petugas pun langsung meringkus tersangka dari Kampung Akang Siwah, Kecamatan Blangpegayon, pada Rabu 14 November 2018 lalu.

“Keesokan harinya, saya beserta semua personel Satresnarkoba dan tersangka Hasan Basri, bertolak ke Pining dan langsung menuju keperkebunan ganja milik tersangka, melalui Kampung Pepelah dengan berjalan kaki selama 12 jam perjalanan sampai ke lokasi,” papar Iptu Syamsuir, seraya menceritakan hingga KBO Satresnarkoba, Ipda Andreas Ginting, tertembak pada bagian telapak tangannya.

Selain itu, Kasat juga menyampaikan, saat ini kondisi KBO dan tersangka dalam proses penyembuhan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gayo Lues.

“Kemarin KBO dan tersangka sudah menjalani operasi dan saat ini dalam proses penyembuhan,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru