oleh

Hingga April, Baru Sebagian Desa di Bireuen yang Telah Cairnnya Dana ADG

PENANEGERI, Bireuen – Hingga memasuki pertengahan April 2020, pencarian dana Alokasi Dana Gampong (ADG) tahap pertama untuk 609 desa, di 17 kecamatan dalam Kabupaten Bireuen diduga lamban.

Pasalnya hingga saat ini baru 323 desa dari 609 desa yang baru dilakukan pencairan, sementara 296 desa lainnya hingga kini belum jelas kapan pencairannya di lakukan.

Menurut sejumlah Geuchik kepada Penanegeri.com mengatakan, hingga saat ini masih ada desa yang belum dicairkan dana ADG, kendati pihaknya sudah mengajukan bersamaan dengan pengajuan Dana DD beberapa bulan lalu.

“Sejatinya dana ADG ini harus secepat mungkin dicairkan, mengingat alokasi dana tersebut merupakan jerih perangkat dan lembaga lainnya. Apalgi ini menjelang hari meugang bulan Ramadhan,” ujar sejumlah geuchik di Bireuen, Senin (13/4).

Menanggapi hal itu, Kepala DPMGP-KB Bireuen, Drs Fuadi melalui Kabid Pemerintahan Kemukiman dan Gampong (DPMGP-KB) Bireuen, M Jamil SPd kepada Penanegeri.com menjelaskan, hingga saat ini yang sudah dicairkan dana ADG ada sekitar 323 desa.

“Selebihnya masih dilakukan verifikasi ulang dan selanjutnya kembali diajukan pengajuan ke bagian keuangan daerah untuk dilakukan pencairan ADG tersebut ke rekening desa masing-masing,” sebutnya.

Dikatakan M Jamil, yang belum adanya pengajuan untuk proses dana ADG ada sekitar 10 desa lagi, sebagian desa masih dilakukan verifikasi ulang, dan ada desa yang masih belum mengajukannya.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Bireuen Zamri SE yang dikofirmasi terpisah mengaku, hingga pertengahan Maret, pihaknya telah memproses ADG sesuai dengan masuknya pengajuan dari DPMGP-KB setempat.

“Yang sudah kita proses dana ADG  dan telah masuk ke rekening desa masing-masing hingga hari ini mencapai 323 lebih. Insya Allah pekan ini sudah cair secara menyeluruh,” pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *