oleh

Honor Belum Dibayar, Tenaga Medis di RSUD Langsa Mengeluh

-Aceh-211 views

PENANEGERI, Langsa – Selama dua bulan yakni sejak September hingga Oktober, uang gaji atau honorium petugas medis berstatus kontrak di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Langsa belum dibayar, hal ini membuat mereka mengeluh.

Menurut petugas medis non PNS yang enggan disebutkan namanya kepada wartawan, Kamis (15/11) menuturkan, selain honor, saat ini nasib mereka yang berstatus petugas medis non PNS di RSUD Langsa juga tidak jelas, baik itu status sebagai petugas medis karena hanya mengantongi nota dinas Direktur RSUD Langsa.

“Saat ini hak-hak pekerja yang seharusnya mereka dapatkan tak kunjung dibayar, untuk uang gaji atau honorium selama 2 bulan. Sedangkan, uang poding tugas malam selama 5 bulan hingga bulan Oktober juga belum dibayar,” ujarnya.

Dijelaskannya, jika uang poding, dihitung 6 hari dalam 1 bulan untuk dinas malam saja. Dimana, satu hari dibayar Rp 20 ribu dikalikan 6 hari, jadi sebulan Rp 120 ribu. Uang poding ini belum kami terima sejak Juni hingga bulan ini atau 5 bulan.

Sementara, untuk honorium juga belum penuh mereka terima dari 3 bulan yang menunggak pencairannya. Pada Kamis (15/11) pihak manajemen RSUD baru membayarkan 1 bulan saja, sisanya 2 bulan dari September dan Oktober belum dicairkan.

Sambung petugas ini, sebenarnya bukan gaji tetap yang mereka terima selama ini, akan tetapi uang jasa dari klaim BPJS. Karena status mereka hingga sekarang belum ada kejalasannya, karena SK kontrak belum ada bersama mereka.

Saat ini sekitar 200-an petugas non PNS RSUD Langsa ini hanya memegang surat nota dinas ditandatangani Direktur RSUD Langsa, sedangkan SK kontrak yang dijanjikan pihak manajemen belum ada diterbitkan sampai sekarang.

“Ketika hak-hak kami diabaikan, kemana kami harus mengadu. Jika kami sedikit komplain saja tentang hak kami, maka kami otomatis akan dikeluarkan,” ungkapnya.

Direktur RSUD Langsa, dr Fardhyani, ketika dikonfirmasi melalui telepon selulernya mengatakan, sebenarnya berapa hari lalu uang poding petugas medis RSUD Langsa ini hendak dibayar, tetapi dikarenakan ada kesalahan pelaporannya, sehingga pencairannya terpaksa ditunda.

Dirinya berjanji, dalam waktu dekat ini uang poding petugas medis di RSUD Langsa ini akan segera dibayar, tetapi uang poding untuk bulan 6 dan 7. Sedangkan untuk uang poding bulan berikutnya yakni bulan Agustus hingga 10, akan diusulkan terlebih dahulu.

Sedangkan, terkait honor petugas medis sejak bulan Agustus hingga bulan 10 juga belum dibayarkan pihak manajemen rumah sakit, Direktur RSUD Langsa enggan memberikan komentar. Dirinya meminta agar menghubungi pihak keuangan RSUD Langsa.

Komentar

Berita Terbaru