oleh

Hujan yang terus mengguyur Majalengka Sebabkan bantaran sungai di daerah Leuwikijang longsor

PENANEGERI, Majalengka – Bagian belakang rumah warga di Blok Pamujaan Dusun Muara RT.02/RW.01 Desa Leuwikujang, Kecamatan Leuwimunding, Majalengka, anjlok ke sungai tergerus longsor, Sabtu (14/3/2020).

 

Hujan yang terus mengguyur Majalengka menyebabkan sungai di daerah Leuwikijang longsor. Celakanya, longsoran tanah itu mengakibatkan bagian dapur dan kamar mandi rumah milik Sunama tergerus sungai.

Matrial bagian dapur dan kamar mandi anjlok ke sungai dengan kedalaman sungai 12 meter dan panjang erosi bantaran hingga 30 meter. Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa.

Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh Prakoso melalui Kapolsek Leuwimunding IPTU Edi Purwanto didampingi Kepala Desa Leuwikujang Juhaeni mengatakan, selain rumah Sunama masih ada sekitar 8 rumah lainnya terancam erosi bantaran sungai Ciwaringin sehingga dihimbau untuk selalu waspada.

“Saat ini kita sudah evakuasi barang-barang di rumah Suhana dibantu TNI Polri dan berencana akan mengajukan rutilahu pada Pemda Majalengka, erosi di bantaran Sungai Ciwaringin juga pernah terjadi setahun yang lalu dan mengakibatkan sekitar 3 rumah tergerus erosi sehingga penghuninya harus mengungsi,” ucap Kapolsek Leuwimunding IPTU Edi Purwanto.

Lebih lanjut Kapolsek Leuwimunding mengatakan, warga Desa Leuwikujang bersama TNI Polri (Polsek dan Koramil Leuwimunding) membantu mengevakuasi barang-barang milik Sunama untuk diamankan ke tempat saudara dan tetangga terdekat. “Dikarenakan sekarang masih musim penghujan, kami pihak Kepolisian menghimbau pada warga yang berada di sekitar bantaran sungai Ciwaringin untuk waspada,” pungkas Kapolsek Leuwimunding IPTU Edi Purwanto. (RED/IS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *