oleh

HUT Batalyon Arhanud 13/PBY ke-53

PEMANEGERI, Pekanbaru – Tepat Tanggal 17 Oktober 2019, Arhanud Batalyon 13/PBY memperingati hari jadinya yang ke – 53.

Diawali dengan Upacara Bendera, peringatan HUT ke – 53 Batalyon Arhanud 13/Pby pada Kamis (17/10/19) Pagi dipimpin langsung oleh Komandan Batalyon (Danyon) Arhanud 13/Pby Letkol Arh Yosip Brozti Dadi SE, M.(Tr) Han yang diikuti oleh seluruh prajurit dan para tamu undangan lainnya.

Dalam amanatnya, Danyon Arhanud 13/Pby Letkol Arh Yosip Brozti Dadi SE, M.(Tr) Han mengucapkan rasa syukurnya, di usia ke – 53 berharap prajurit satuan Parigha Bhuana Yudha (PBY) dapat selalu tetap jaya dan berkarya kepada bangsa dan negara khususnya dibawah jajaran Kodam I/Bukit Barisan.

“Marilah kita jadikan momentum ini sebagai sarana untuk evaluasi diri terhadap apa yang telah kita perbuat untuk satuan agar kedepannya satuan yang kita cintai ini tetap mampu mewujudkan prajurit Arhanud yang profesional, loyal, dan menjadi kebangaan rakyat,” ujar Danyon Arhanud 13/Pby.

Ia pun mengatakan peringatan ini juga merupakan bentuk ajang memperkokoh tali silaturahmi sehingga dapat selalu menjalin soliditas dan keakraban baik prajurit yang masih berdinas maupun para sesepuh purnawirawan yang ada di wilayah Propinsi Riau khususnya kota Pekanbaru.

“Saya secara pribadi maupun satuan menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada segenap prajurit batalyon Arhanud 13/Pby yang telah melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan sukses dan berkarya,” Ujar Letkol Arh Yosip Brozti Dadi SE, M.(Tr) Han.

“Semoga apa yang telah dicapai dalam bertugas tidak terlepas dari pengorbanan yang tulus dan ikhlas dari para prajurit serta keluarganya,” tambahnya.

Dengan demikian, masih menurut Abituren Akmil 2002 ini mengharapkan dedikasi, semangat, loyalitas, dan disiplin yang telah ditunjukkan kepada seluruh prajurit merupakan bagian dari perwujudan dharma bhakti kita kepada bangsa dan negara.

“Tetaplah menjadi prajurit Arhanud yang profesional, loyal, dan menjadi kebanggaan bagi rakyat,” Tutup Danyon Arhanud 13/Pby Letkol Arh Yosip Brozti Dadi SE, M.(Tr) Han.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan acara syukuran yang dikemas dengan sederhana yang berlokasi di Markas Batalyon yang dihadiri oleh beberapa sesepuh purnawirawan salah satunya adalah Mayor Arh (Purn) H. Abuimin, yang pernah  bertugas di batalyon Arhanud 13/Pby pada tahun 1965.

Mantan Pasi Pers Batalyon Arhanud 13/Pby pada tahun 1982 hingga 1987 itu masih merasakan wujud kebersamaan dan kekompakan antar sesama prajurit sehingga batalyon saat ini dapat berkembang maju dengan pesat.

“Saya sangat bangga dan terharu, karena batalyon Arhanud 13/Pby hingga usianya yang 53 tahun telah berubah menjadi baik, tentunya berkat kebijakan dari semua pimpinan yang pernah menjabat disini.” ujarnya.

Purnawirawan yang pernah juga menjabat sebagai Kepala Kantor Sosial Politik kota Pekanbaru pada tahun 1984 – 1998 itu berpesan kepada seluruh prajurit agar dapat meningkatkan kinerja dan tugas satuan serta tetap mempertahankan prestasi yang telah dicapai saat ini.

“Terus jaga rasa solidaritas antar sesama kita, cintai rakyat dan jaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” pesan Mayor Arh (Purn) H. Abuimin.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan nasi tumpeng yang diserahkan langsung oleh Danyon Arhanud 13/Pby Letkol Arh Yosip Brozti Dadi SE, M.(Tr) Han diberikan kepada Prajurit Satu (Pratu) Miswar Latua, yang mana prajurit tersebut telah menerapkan beberapa prestasi pada bidang Atletik tingkat Propinsi maupun tingkat Angkatan Darat.

 

 

Adapun dalam rangka HUT ke 53 Batalyon Arhanud 13/Pby sebelumnya telah melaksanakan berbagai perlombaan dan menghasilkan para pemenang yaitu :

Perlombaan Personel Militer,

– Pertandingan Badminton Tunggal, Juara I Baterai P dan Juara II Baterai R.

– Pertandingan Badminton Ganda, Juara I Baterei R dan Juara II Baterai Q.

– Pertandingan Sepak Takraw, Juara I Baterai P dan Juara II Baterai Markas.

– Pertandingan Volly Putra, Juara I Baterai P dan Juara II Baterai R.

– Pertandingan Sepak Bola, Juara I Baterai P dan Juara II Baterai Q.

Perlombaan Ibu – Ibu Persit Batalyon Arhanud 13/Pby,

– Pertandingan Volly Putri,

Juara I Ranting 3/Rai Q
Juara II Ranting 1/Rai Ma
Juara III Ranting 4/Rai R
Harapan I Ranting 2/Rai P

– Perlombaan Rias Kue,

Juara I Ranting 3/Rai Q
Juara II Ranting 1/Rai Ma
Juara III Ranting 2/Rai P
Harapan I Ranting 4/Rai R

– Perlombaan Pasang Atribut PDU

Juara I Ranting 1/Rai Ma
Juara II Ranting 4/Rai R
Juara III Ranting 2/Rai P
Harapan I Ranting 3/Rai Q

– Perlombaan Tarbuba

Juara I Ranting 2/Rai P
Juara II Ranting 1/Rai Ma
Juara III Ranting 4/Rai R
Harapan I Ranting 3/Rai Q

– Perlombaan Menyanyi

Juara I Ranting 2/Rai P
Juara II Ranting 4/Rai R
Juara III Ranting 1/Rai Ma
Harapan I Ranting 3/Rai Q

Maka dari akumulasi perolehan juara pada seluruh perlombaan khusus Ibu – Ibu Persit, maka yang berhasil masuk menjadi Juara Umum yaitu Ranting 2 Baterai P.

Kegiatan diakhiri dengan makan bersama sekaligus hiburan yang diiringi oleh Organ Tunggal. (Mirza)

Komentar

Berita Terbaru