oleh

Ini Cara Mengetahui Kadar Asam Urat Normal Manusia

-Kesehatan-442 views

PENANEGERI, Kesehatan – Seperti yang kita tahu asam urat merupakan bagian dari metabolisme purin. Namun apabila tak berlangsung normal akan terjadi penumpukan kristal asam urat di persendian yang dapat menyebabkan rasa sakit sangat luar biasa. Nah, sebenarnya berapa sih kadar asam urat normal manusia itu?

Asam urat sebenarnya memang sudah ada dalam tubuh Kita dan bukan suatu penyakit. Asal kadar asam urat itu masih dalam nilai yang normal.

Seperti kolesterol juga gula darah, asam urat hanya dapat diketahui dengan valid melalui tes laboratorium. Kita cuma bisa mengenali asam urat lewat gejala-gejala dan reaksi yang ditimbulkan. Tetapi Anda perlu ingat hasil yang valid hanya dapat Anda dapat peroleh dari hasil cek laboratorium.

Kadar Asam Urat Normal Pria dan Wanita

Cara cek kadar asam urat pada dapat dilakukan dengan dua cara di laboratorium. Yakni dengan tes enzimatik juga Teknik Biasa. Untuk batas kadar asam urat normal menurut tes Enzimatik adalah maksimum 7 mg/dl.

Sedangkan dengan Teknik Biasa, nilai normalnya adalah maksimum 8 mg/dl.  Bila hasil cek menunjukan angka diatas normal, maka dapat dipastikan Anda menderita kelebihan asam urat ataupun asam urat tinggi.

Kadar asam urat normal antara pria dan wanita itu berbeda. Untuk wanita, kadar asam urat normal adalah antara 2,6 – 6 mg/dl. Pada pria, kadar asam urat normalnya yaitu 3,5 – 7 mg/dl.

Tinggi dan rendahnya kadar asam urat manusia itu sangat dipengaruhi asupan makanannya. Sehingga, para penderita asam urat hendaknya dapat menghindari makanan yang di dalamnya mengandung asam urat tinggi seperti jeroan, bayam dan lainnya.

Penyebab Meningkatnya Kadar Asam Urat Normal

Kadar asam urat ini dapat meningkat disebabkan oleh beberapa faktor :
Metabolisme Purin Berlebihan
Disebabkan karena terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung zat purin yang tinggi. Karena ada banyak makanan pantangan untuk penderita asam urat.
Faktor Genetik
Ternyata tak hanya bentuk tubuh yang dipengaruhi faktor genetik. Namun faktor genetik ataupun riwayat keluarga yang menderita juga sama. Ini bisa jadi penyebab  gejala asam urat yang semakin tinggi. Genetik faktor resiko, bila Kita bisa jaga pola hidup sehat, Kita bisa kurangi kemungkinan penyakit asam urat.
Konsumsi Alkohol Secara Berlebihan
Jika sering konsumsi minuman beralkohol, resiko terkena asam urat lebih tinggi. Alkohol adalah zat yang dapat menghambat proses dari pengeluaran asam urat di dalam tubuh.
Berat Badan Berlebih
Obesitas juga bisa memicu tingginya kadar asam urat di tubuh.

Umumnya penyakit  asam urat tidak menyerang secara tiba-tiba. Penyakit asam urat ini terjadi bertahap, lama kelamaan makin parah.

Penyakit asam urat adalah penyakit yang perlu diatasi dengan cepat sebelum menimbulkan penyakit asam urat parah. Anda perlu tahu, penyakit asam urat dapat juga menyebabkan kelumpuhan.

Bila Anda sudah merasa beberapa gejala dari asam urat, seperti nyeri pada ujung jari kaki dan persendian. Lebih baik segera mengambil tindakan penyembuhan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *