oleh

Ini Catatan MaTA Untuk Sekda Aceh Terpilih

-Aceh-72 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA) berharap sekretaris daerah (Sekda) Aceh yang terpilih nantinya haruslah berkualitas. Harus bisa ‘menginjak rem’ ketika gubernur menyimpang.

“Sekda yang terpilih harus berkualitas, bersih dan bukan karena kedekatan atau konflik kepentingan. Artinya, Sekda terpilih harus bebas dari intervensi politik,” tulis Koordinator MaTA, Alfian dalam sebuah catatan kecil yang diterima Penanegeri.com, Sabtu (12/1).

Sebagaimana diketahui, pihak Penilai Seleksi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, telah menetapkan tiga nama calon Sekda Aceh, dari 10 orang peserta yang mengikuti seleksi. Informasi diterima Penanegeri.com menyebutkan, tiga nama tersebut masing-masing Kamaruddin Andalah, M Jafar dan Taqwallah. Tiga nama itu telah diusulkan ke Presiden RI.

“Jika Sekda itu dapat diibaratkan kereta, maka gubernur itu adalah masinis yang kakinya di pedal gas. Sementara Sekda adalah tekan rem. Jadi, Sekda itu tidak boleh yang manut saja, tapi harus berani menginjak rem apabila gubernur mulai menyimpang,” jelas Alfian dalam lanjutan catatannya.

Ia juga menambahkan, Sekda yang mampu mengembalikan tata kelola pemerintah Aceh yang bersih, karena saat ini birokrasi pemerintah lemah dalam komitmen terhadap antikorupsi.

“Sekda yang baru harus mampu membersihkanya. Jadi, Sekda penting memiliki komitmen antikorupsi yang kuat, karena itu menjadi modal dasar dalam tata kelola pemerintah saat ini, sehingga kepercayaan publik makin kuat dan rencana pembangunan Aceh ke depan tidak hanya impian yang sudah sangat lama dinantikan. Aceh (baru) hebat tanpa korupsi,” tutupnya di ujung tulisan.

Komentar

Berita Terbaru