oleh

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Pabrik Minyak Kelapa di Bireuen

PENANEGERI, Bireuen – Pabrik pengolahan minyak kelapa milik PT Batara Jaya Abadi di Jalan lintasan Bireuen-Takengon, kilometer 8, Desa Blang Keutumba, Leubok Jok, Kecamatan Juli, Kabupaten  Bireuen diduga terbakar akibat korsleting listrik, Jumat (10/1) sekira pukul 02.00 WIB dini hari.

Menurut keterangan sejumlah saksi mata, sebelum kejadian, pertama api terlihat dibagian dalam pabrik tersebut dan terus membesar. Api terus membesar setelah menjalar ke tumpukan kayu yang berada disekitar mesin sehingga terjadi kebakaran.

Diakui mereka dugaan awal untuk sumber api bisa timbul ada dua kemungkinan, selain karena diduga akibat korslet listrik serta dugaan percikan api dari uap minyak hasil pengolahan yang terlalu panas.

Kapolres Bireuen, AKBP Gugun Hardi Gunawan SIK MSi melalui Kapolsek Juli, Ipda Syafaruddin kepada wartawan mengatakan, berdasarkan keterangan dari saksi mata, saat itu ada beberapa warga sedang duduk di keude luar pabrik, dan melihat api dan membesar dari dalam pabrik.

“Beberapa pekerja itu langsung bergerak membukakan pintu dan melihat api muncul dekat mesin pres sampah, dan diduga kebakaranya akibat konslet arus listrik,” sebutnya.

Selanjutnya pekerja yang tinggal dikawasan kompleks pabrik tersebut berusaha menyelamatkan enam unit kendaraan operasional pabrik seperti mobil pikap L-300.

Pasca kejadian, enam unit armada kebakaran meluncur dan berusaha memadamkan api dibantu warga serta puluhan personel TNI dari Yonif RK 113/Jaya Sakti. Meski telah diupayakan pemadaman, api berhasil dijinakkan sekira pukul 11.30 WIB siang.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *