oleh

Ini Imbauan Forkopimda Langsa Selama Bulan Ramadhan 1440 H

-Aceh-105 views

PENANEGERI, Langsa – Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Langsa mengimbau kepada pengusaha hiburan, warnet, game zone dan sejenisnya harus tutup total, selama bulan suci Ramadhan 1440 H.

Demikian disampaikan, Kepala Dinas Syari’at Islam Kota Langsa, Drs H Ibrahim Latif, MM, kepada Penanegeri.com, Rabu (1/5).

Dijelaskannya, imbauan tersebut ditandatangani oleh seluruh Forkopimda yakni, Walikota Langsa, Usman Abdullah, SE, Kapolres Langsa AKBP Andy Hermawan, SIK, M.Sc, Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis, Ketua DPRK Langsa Burhansyah, SH, Kajari Langsa R Ika Haikal, SH, MH dan Ketua MPU Kota Langsa DR H Zulkarnain, MA.

Dalam imbauan tersebut selain meminta tutup total segala bentuk hiburan, warnet, play station, game Zone, pemilik rumah makan, cafe, warung kopi agar tidak membuka usahanya pada siang hari.

“Para pejual makanan dan minuman siap saji dilarang keras berjualan sebelum pukul 16.00 WIB. Untuk menjaga ketenangan dan kekusyukan umat dalam melaksanakan ibadah puasa diminta kepada semua pihak untuk tidak menjual, menyediakan, mengedar, membakar mercun/ petasan dan sejenisnya,” ujarnya.

Kemudian, sambung Ibrahim, diharuskan kepada semua pemilik usaha dagang untuk menutup usahanya sepuluh menit sebelum adzan Shalat Maghrib dan dapat dibuka kembali setelah selesai Shalat Tarawih yakni pukul 21.30 WIB.

“Kepada kaum non muslim yang berada dalam wilayah kota Langsa dan sekitarnya supaya menghormati umat muslim yang sedang berpuasa dan beribadah dengan tidak makan, minum serta merokok di tempat tempat terbuka,” imbuhnya.

Lanjut Ibrahim Latif, bagi siapapun yang melanggar imbauan tersebut dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan perundang undangam yang berlaku.

“Petugas kepolisian, Satpol PP/ WH, petugas perhubungan dan petugas lainnya diharapkan mengamankan imbauan ini dan terus mengawasi dan mengambil tindakan tegas terhadap pihak pihak yang melanggar maklumat ini,” harapnya.

Lalu, bagi umat muslim sendiri diharapkan dapat melaksanakan ibadah puasa di bulan suci ramadhan dengan penuh khidmat, memakmurkan masjid, meunasah dan tempat tempat ibadah lainnya dengan shalat fardhu, tarawih berjamaah, menghidupkan majelis taklim dan tadarus Al Quran,”demikian Ibrahim Latif.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *