oleh

Ini Kronologis Kaburnya Napi Narkoba Langsa

PENANEGERI, Langsa – Kepala Lapas Narkotika Langsa, Yusrizal, SH menjelaskan kaburnya Suryulis, seorang Napi narkoba dari Lapasnya.

“Napi tersebut kabur, pada Rabu (13/11) sekitar pukul 21.30 WIB. Dimana, napi itu keluar atas izin oknum sipir berinisial, D, tapi tanpa sepengetahuan saya. Pengeluaran napi itu inprosedural atau ilegal dan tanpa pengawalan,” bebernya kepada Penanegeri.com, Kamis (21/11) malam.

Dijelaskan Kalapas, Suryulis keluar dari Lapas dengan alasan ingin menjenguk istrinya yang sedang sakit di rumah sakit. Namun, hingga keesokan harinya, napi itu tak kunjung kembali ke Lapas, sehingga oknum sipir tersebut melapor kepada dirinya.

Setelah mendapat laporan tersebut, maka dirinya memerintahkan kepada oknum sipir itu untuk segera mencari napi tersebut dan segera dibawa kembali ke Lapas. Namun, hingga dua hari Napi Suryulis tak kunjung ditemukan.

Kemudian, tambah Kalapas, dirinya melaporkan kejadian tersebut ke Kanwil Kemenkuham Aceh. Selain itu, ia juga mengirimkan surat permohonan bantuan ke Polres Aceh Utara dan Polres Langsa, untuk mencari napi tersebut.

Baca Juga  Warga Aceh Utara Sulit Peroleh BBM Premium di SPBU

“Tim dari Kanwil Kemenkuham Aceh sedang menuju ke Lapas Narkotika, untuk melakukan pengecekan dan memeriksa semua sipir Lapas Narkotika,” ujarnya.

Sementara itu, untuk oknum sipir tersebut, jika nantinya hasil pemeriksaan Polres Langsa terbukti bersalah maka akan dikenakan sangsi pidana bahkan terancam dipecat.

Lanjut Kalapas, sejak dirinya menjabat sebagai Kalapas Narkotika Langsa, ia telah berupaya dan semaksimal mungkin untuk memperbaiki kinerja sipir dan dengan kejadian ini dirinya merasa kesal.

“Saya selalu senantiasa memberikan arahan serta pesan agar tidak melakukan hal-hal di luar prosedural, tapi tetap saja masih ada yang membandel,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang Napi narkoba Langsa, Suryulis, warga Geudong Pasee, Aceh Utara, yang divonis 20 tahun penjara, berhasil kabur dari Lapas Narkotika setempat, Rabu (13/11) malam.

Komentar

Berita Terbaru