oleh

Ini Lima Perusahaan Angkutan dengan Armada Terbanyak di Aceh

-Aceh-219 views

PENANEGERI, Aceh – Kecelakaan beruntun yang dialami Sempati Star membuat publik meragukan kredibilitas bus yang cukup populer itu. Padahal, perusahaan angkutan tersebut digadang dan sering dibicarakan dengan armada mewahnya. Dalam dua dekade terakhir ini, Provinsi Aceh memang terkenal memiliki armada bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) terbaik di Indonesia. Hal itu didukung dengan kenyamanan dan armada pilihan yang dipergunakan.

Sebagai bus yang cukup populer di kalangan masyarakat Aceh, ternyata bus Sempati Star bukanlah perusahaan dengan armada terbanyak di Aceh. Berikut ini telah dirangkum lima peringkat teratas perusahaan angkutan dengan armada terbanyak di Aceh yang berhasil dihimpun Penanegeri.com dari catatan Dinas Perhubungan Provinsi Aceh.

CV Kurnia

Peringkat pertama diduduki oleh perusahaan angkutan CV. Kurnia. Perusahaan ini memiliki 104 armada bus besar dengan pelayanan sebanyak 19 trayek di Aceh. Perusahaan angkutan ini dipimpin oleh Abdul Wahab Usman. Agen bus ini tersebar di beberapa lokasi seperti Gajah Mada, Gatot Subroto, Pinang Baris, Gagak Hitam, Pool Jalan Binjai, Marindal, dan Amplas.

Selain armadanya yang ratusan, bus ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang unggul antara lain suspensi tinggi, irit bahan bakar, dan kabin yang mewah. Mercedes Benz didapuk menjadi mesin andalan untuk mengantarkan penumpang sampai ke tujuan. Tak hanya itu, bus ini sudah dilengkapi toilet, smoking room, Wi-Fi dan LCD TV. Kecepatannya pun tak perlu diragukan lagi.

Putra Pelangi Perkasa

Perusahaan ini dulunya pernah satu managemen dengan CV Pelangi. PT Putra Pelangi Perkasa dipimpin oleh Rusmin Effendi dan memiliki 95 unit bus besar yang melayani 17 trayek. Putra Pelangi Perkasa ikut mengakomodasi rute Aceh-Medan. Perusahaan ini tidak ingin ketinggalan dalam kemajuan dunia transportasi di Aceh. Putra Pelangi Perkasa diperkuat dengan armada pabrikan Mercy dan balutan body jetliner keluaran Karoseri Rahayu Sentosa.

Karakteristik bus milik Putra Pelangi Perkasa mirip bus di Semenanjung Malaysia dengan lantai yang cukup tinggi. Tampilannya pun lebih elegan dan eksotis dengan ban belakang yang lebih ramai dan juga tampilan kaca yang dibelah jadi dua bagian.

CV Nusantara Transport

Perusahaan yang dipimpin oleh Zul Asfi Effendi ini menempati peringkat ketiga dengan 61 unit bus berukuran sedang. Pusat perusahaan angkutan ini berada di Kuala Simpang dan melayani 9 trayek. Armada bus Nusantara disebut-sebut sebagai bus termewah dengan mesin Volvo 12 ribu CC dan fasilitas yang tidak kalah dengan hotel bintang 5.

Bintang Sempati Star

Menempati peringkat keempat, perusahaan angkutan yang dipimpin oleh Muchlis Yunus ini memiliki 56 armada. Ada 46 bus besar dan 10 bus sedang yang siap memacu 12 trayek. Berbeda dengan perusahaan bus lainnya, Sempati Star menggandeng pabrikan Swedia yakni Scania untuk masuk ke Aceh. Di usianya yang tergolong muda, bus ini sudah menjadi nama besar dan populer di kalangan masyarakat.

Bus Sempati Star siap mengangkut penumpang dengan rute Aceh-Medan dengan fasilitas yang menyerupai pesawat udara.

Anugrah Lampoih Saka

Di peringkat kelima ada PT. Anugrah Lampoih Saka yang dipimpin oleh Abdul Wahab Usman. Selain memimpin CV Kurnia, Abdul Wahab Usman juga mengelola perusahaan angkutan dengan 49 bus besar ini. Dengan armada sebanyak itu, Anugrah Lampoih Saka telah beroperasi pada 11 trayek.

Itulah lima perusahaan angkutan dengan armada terbanyak di Aceh yang berhasil dihimpun Penanegeri.com.

Komentar

Berita Terbaru