oleh

Ini Penyebab Posmat Lanal Pusong Dirusak Massa

-Aceh, Peristiwa-205 views

PENANEGERI, Lhokseumawe – Kantor Pos Pengamat (Posmat) Lanal Pusong, Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe dirusak warga, Rabu (17/4) malam.

Diketahui, penyebab kerusuhan hingga berlanjut ke pengrusakan pos ini berawal hanya karena salah paham.

Awalnya, seorang anak berusia 12 tahun bernama Irsya yang merupakan warga setempat bermain di sekitar Kantor Posmat Pusong dan memanjat pagar. Salah seorang anggota Posmat pun menegur dia melarang anak itu memanjat.

Irsya yang melawan petugas saat itu dan akhirnya ditampar di bagian pipi oleh anggota Posmat yakni Koptu AY. Pasca kejadian itu, yang bersangkutan pun telah meminta maaf kepada sang anak yang kemudian pulang kembali ke rumahnya.

Beberapa menit kemudian, Irsya bersama orang tuanya kembali datang ke Posmat Pusong untuk menanyakan permasalahan tersebut. Saat itu, mereka masuk ke dalam pos untuk diberi penjelasan dan kemudian kedua belah pihak telah saling memaafkan serta berdamai.

Namun, pada waktu yang bersamaan di luar pos telah berkumpul masyarakat setempat. Merasa tak terima atas kejadian itu, massa pun berusaha masuk ke pos. Dengan berusaha mendorong kaca jendela kantor Posmat sehingga kacanya pecah, massa yang berteriak ingin mengambil Koptu AY.

Baca Juga  Di Bireuen, Sopir Angkutan  Lebaran Dites Urine

“Diperkirakan jumlah massa sekitar 100 orang, mereka melempar Posmat hingga sejumlah kaca pecah dan merusak garasi sepeda motor. Sebuah motor pun rusak beserta seluruh barang yang ada di luar pos seperti kursi dan meja, plafon kantor dan lainnya,” ungkap salah seorang warga setempat yang tidak ingin disebutkan namanya.

Bahkan, sambungnya, massa pun melempari kantor Posmat dengan botol yang berisi bensin dan diberi sumbu serta dibakar (molotov) dari arah belakang Posmat hingga kedepan. Dua personel Denpomal pun turun untuk memberikan bantuan pengamanan, namun tak mampu membendung aksi massa.

Sejumlah aparat keamanan yang berasal dari Polres Lhokseumawe dan Polsek serta Kodim pun akhirnya mendatangi lokasi. Sekitar satu pleton personel Lanal Lhokseumawe termasuk Marinir diturunkan hingga akhirnya dapat menenangkan massa. Koptu AY pun akhirnya diamankan ke Denpomal Lhokseumawe.

Setelah dapat dikendalikan massa, akhirnya pihak Kodim 0103/Aceh Utara beserta masyarakat pun melakukan musyawarah bersama pihak Lanal atas kasus ini. Dari musyawarah itu, kedua belah pihak sepakat berdamai dan tidak mempermasalahkan lagi kasus itu.

Baca Juga  Hingga Hari Ketiga, Titik Kampanye Terbuka di Bireuen Masih Kosong  

Situasi Kondusif

“Saat ini situasi di sekitar Posmat Lanal Pusong kembali kondusif. Kantor Posmat pun kini telah diperbaiki kembali. Sebagian sudah selesai diperbaiki, tinggal jendela di bagian samping dipasang baru. Situasi juga sudah kondusif,” tutur Danlanal Lhokseumawe, Kolonel Laut (P) M Sjamsul Rizal saat dikonfirmasi, Kamis (18/4) siang.

Ia menjelaskan, perbaikan terhadap Posmat ini dilakukan setelah pihaknya bersama masyarakat terkait dan sejumlah pihak lainnya melakukan musyawarah pasca kerusuhan dan pengrusakan yang terjadi di lokasi kemarin.

Saat ditanya mengenai salah satu anggota yang terkait yakni Koptu AY, dirinya mengatakan bahwa yang bersangkutan hingga kini masih dalam pemeriksaan pihak Denpomal. Selain itu, diakui pun bahwa masyarakat yang merusak posmat belum dilaporkan pihaknya ke pihak berwajib.

“Sedang dalam proses pemeriksaan dan akan dihukum sesuai hukum yang berlaku di militer. Seluruh bagian Kantor Posmat yang rusak kita ganti sendiri, masyarakat hanya membantu tenaga, karena ini masyarakat kita juga,” ungkap Danlanal.

Bangunan Pos yang rusak, lanjutnya, akan diperbaiki secara bergotong-royong bersama masyarakat. Personel Posmat yang menegur dan menampar Irsya juga akan diberi tindakan dan proses hukum.

Baca Juga  Enam Panggung Lokasi Kampanye 2019 Siap di Bangun di Bireuen

“Saat ini situasi di Posmat Pusong dan sekitarnya telah kondusif,” tandas Danlanal.

Komentar

Berita Terbaru