oleh

Ini Rekomendasi DPRK Aceh Tamiang Terhadap Direktur PDAM Tirta Tamiang

-Aceh-96 views

PENANEGERI, Aceh Tamiang – Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Tamiang menerbitkan rekomendasi kepada Bupati setempat agar memberhentikan Direktur PDAM Tirta Tamiang.

Surat rekomendasi Nomor 180/837 ini dikeluarkan tanggal 30 Juli 2019 dan ditandatangani Ketua DPRK Aceh Tamiang, Fadlon, SH. Rekomendasi tersebut terkait pembatalan SK Bupati Aceh Tamiang Nomor 376/2019 tentang Penunjukkan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur PDAM Tirta Tamiang yang saat ini dijabat, T Ibrahim.

“Rekomendasi ini dikeluarkan melalui rapat pimpinan bersama Banleg dan melibatkan Kejaksaan,” kata Ketua DPRK Atam, Fadlon kepada awak media di ruang kerjanya, Rabu (31/7).

Menurutnya, kejaksaan dilibatkan karena sebelumnya ada MoU antara jaksa dan Banleg DPRK Aceh Tamiang agar dalam mengeluarkan rekomendasi tidak salah.

“Jadi keputusannya juga sudah ditelaah bersama,” timpal Fadlon.

Dalam surat rekomendasi itu dijelaskan, ada ketentuan Pasal 6 ayat (1) huruf c dan Pasal 19 ayat (1) huruf c Permendagri Nomor 2/2007 tentang Organisasi Kepegawaian PDAM yang melarang pemangku jabatan rangkap dan calon anggota Dewan Pengawas tidak terkait hubungan keluarga dengan kepala daerah/wakil kepala daerah.

Sementara publik mengetahui bahwa, Plt Direktur PDAM Tirta Tamiang T Ibrahim merupakan abang kandung Wakil Bupati Aceh Tamiang, HT Insyafuddin. Selain itu Ibrahim juga masih aktif sebagai pengurus dilembaga Majelis Adat Aceh(MAA) Aceh Tamiang. Sehingga penunjukkan Plt Direktur PDAM dinyatakan melanggar ketentuan perundang-undangan.

Baca Juga  Anggota Polres Bireuen Terima Penghargaan

Pada poin terakhir, rekomendasi dewan ini menegaskan, pejabat pemerintahan wajib mengembalikan uang ke kas negara karena pembayaran dari uang negara dinyatakan tidak sah.

“Rekomendasi ini kami keluarkan menyusul adanya laporan dari warga ke pihak Kejaksaan,” jelas Fadlon.

Dihubungi terpisah, Bupati Aceh Tamiang, H Mursil mengatakan, sebenarnya tanpa rekomendasi dari dewan, Plt Direktur PDAM Tirta Tamiang memang akan diganti. Mursil menegaskan, tidak perlu rekomendasi lagi, karena terhitung 1 Agustus 2019 masa jabatan T Ibrahim telah berakhir.

“Memang beliau akan diganti sebagai Plt Direktur, karena SK penunjukkannya akan berakhir 1 Agustus 2019 nanti,” jelasnya.

Komentar

Berita Terbaru